Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Sejarah Manusia

Teknologi Komputer Tiga Dimensi Bisa Munculkan Sosok Manusia Purba Secara Akurat

Paleontolog GHR von Koenigswald yang bekerja di Jawatan Geologi Hindia Belanda Bandung terkesima di toko obat Hong Kong melihat fosil jadi obat.

KOLEKSI PRIBADI
RA SURYANTO, Biopaleoantropolog FK UGM 

OLEH : RA SUYANTO, Laboratorium Biopaleoantropologi FKKM UGM  

PALEONTOLOGI sering disebut sebagai disiplin dalam geologi yang berkonsentrasi temuan-temuan sisa-sisa organisme dari masa lampau.

Temuan itu juga sering dirujukkan sebagai fosil. Bukti paleontologis tidak melulu fosil, namun bisa jejak dan bekas.

Fosil biasanya meliputi sisa-sisa jaringan keras, yakni geligi, belulang, cangkang, plastron dan karapas.

Jejak dapat berupa cetakan-cetakan kaki hewan, jalur-jalur melata reptil dan seterusnya. Bekas dapat berupa feses-feses hewan, rekaman cakaran pada sisa-sisa tulang dan seterusnya.

Fosil pun dapat berupa serangga yang terjebak dalam getah atau ambar. Dari flora, dapat berupa fosil kayu, fosil daun yang terekam dalam batuan.

Proses geologis membuat aneka benda utu mengalami pembusukan, yang tertinggal hanya cetakannya – pembatuan. Jadi selulosanya telah tergantikan silika.

Banyak orang tertarik fosil untuk beragam tujuan. Mereka mengumpulkan dan mengoleksinya karena kelangkaannya atau keindahan bentuknya.

Kedua alasan itu dapat menghadirkan penghasilan. Mereka memburu fosil sebagai materica medica, bahan obat.

Paleontolog GHR von Koenigswald yang bekerja di Jawatan Geologi Hindia Belanda di Bandung pernah terkesima di kawasan toko obat Hong Kong, karena begitu banyaknya ragam fosil dijual sebagai bahan obat.

Baca: Mengapa Manusia Sekarang Tidak Makan Daging Hyena, Jerapah, atau Kuda Sungai?

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved