Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Sejarah Manusia

Leluhur Manusia Itu Sama, Migrasi dan Adaptasinya Menimbulkan Keanekaragaman

Populasi Mongoloid adalah populasi yang paling tahan terhadap MSG (vetzin, micin) yang menghadirkan rasa gurih atau umami dalam hidangan.

KOLEKSI PRIBADI
RA SURYANTO, Biopaleoantropolog FK UGM 

OLEH : RA SURIYANTO, Pakar di Lab Biopaleoantropologi FKKM UGM 

AKAR kata ras (Inggris: race) dari bahasa Arab: الرأس (ar-ro’su), yang berarti kepala. Secara singkat kita bisa mengenali seseorang cukup dari kepalanya.

Di kepala itu sungguh beragam karakteristik morfologis yang bisa dipakai sebagai penanda seseorang.

Kita bisa mengetahui warna kulit, warna, bentuk, dan tektur rambut, bentuk hidung, warna iris mata dan lipatan kulit mata atau epicantus.

Warna dan bentuk bibir, bentuk pipi (arcus zygomaticus), bentuk telinga, distribusi rambut dan seterusnya.

Bukan saja karakteristik morfologis/ morfoskopi seperti itu, namun bisa dilengkapi dengan morfometri atau dimensi ukuran-ukurannya. Tentu saja dalam konteks ini merujuk kepada populasi.

Untuk identifikasi material osteologis dan odontologis (tulang, tengkorak dan geligi) juga terkonsentrasi pada kepala, dalam hal ini adalah tengkorak dan geliginya.

Identifikasi ras tengkorak dapat diamati pada bentuk dan ukuran tengkorak, karakteristik sekitar regio dahi, tulang hidung, tulang pipi, tulang alveolar, pola prognathisme alveolar atau ketongosan wajah atawa mrongos.

Lalu pola dimensi wajah, karakteristik sutura tengkorak dan sutura palatina transversal, bentuk arcus dentalis atau lengkung geligi, bentuk palatum atau langit-langit dan seterusnya.

Baca: Teknologi Komputer Tiga Dimensi Bisa Munculkan Sosok Manusia Purba Secara Akurat

Bagaimana dengan karakteristik di bawah tengkorak atau kepala? Bisa dikatakan minor atau sungguh sangat terbatas.

Halaman
1234
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved