Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Kolom Trias Kuncahyono

Syalom Bertemu Salam

Pertemuan bersejarah ini menghasilkan The Document on Human Fraternity for World Peace and Living Together (Tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdama

AFP/ FABIO FRUSTACI
Paus Fransiskus menghadiri Rabu Abu di Basilika Saint Sabina, Roma, Rabu (26/2/2020). 

Oleh: Trias Kuncahyono

Seorang negarawan dan filsuf Hindu, Kautilya yang juga dikenal dengan nama Chanakya dan Vishnugupta (350-275 SM), menulis risalah klasik tentang politik yang dihimpun dalam buku Arthashastra, Sains tentang Memperoleh Materi.

Dalam risalah itu, ada sebuah konsep tentang pertemanan dan permusuhan yang dirumuskan menjadi sebuah peribahasa musuh dari musuh saya adalah teman saya.

Dalam bahasa Bob Marley (1945-1981),  seorang musisi reggae dari Jamaika, “musuhmu yang paling jahat, dapat menjadi sobatmu yang paling baik”; demikian sebaliknya, “sobatmu yang paling baik bisa menjadi musuhmu yang paling jahat.”

Hal semacam itu “sangat biasa” di dunia politik yang disebut sebagai “seni kemungkinan.”

Dalam dunia politik banyak hal yang musykil, tetapi juga banyak hal mudah dipahami. Yang tidak mungkin, bisa mungkin secara mudah.

Sebaliknya, yang semestinya mudah, bisa menjadi rumit dan sulit. Sehingga muncul ujar-ujaran, “kalau bisa dipersulit, mengapa dipermudah.”

Apa yang terjadi di Timur Tengah belum lama ini—dimulainya hubungan diplomatik antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA)—adalah  gambaran dari semua itu.

Yang musykil, bisa menjadi mafi mushkila, nggak ada masalah. Di Timur Tengah berlaku “musuh dari musuhmu adalah temanmu.”

Ujar-ujaran itulah yang telah menjadi “dasar” terbangunnya hubungan diplomatik antara Israel dan Uni Emirat Arab. Mereka berteman karena faktor Iran.

Halaman
1234
Editor: Achmad Subechi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved