Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Guru dan TikTok di Masa Pandemi Covid-19

Guru perlu memahami siswa yang rata-rata adalah generasi Z dan banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengakses internet di kehidupan sehari-hari.

Istimewa
Salah satu media sosial yang sering diakses oleh generasi Z adalah aplikasi TikTok, hal ini berdasarkan data dari Music Business Worlwide bahwa pengguna TikTok 42 persen berasal dari generasi Z. 

PANDEMI Covid-19 menyebabkan perubahan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian berganti menjadi pembelajaran jarak jauh (online).

Untuk itu guru perlu memikirkan cara atau strategi yang dapat mendorong minat siswa untuk belajar.

Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk "Digital 2021" pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa.

Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Sedangkan total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa.

Pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta. Artinya, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021.

Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut laporan Hootsuite 2021, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 14 menit sehari untuk mengakses media sosial.

Siswa yang termasuk generasi Z merupakan yang paling sering mengakses media sosial.

Salah satu media sosial yang sering diakses oleh generasi Z adalah aplikasi TikTok, hal ini berdasarkan data dari Music Business Worlwide bahwa pengguna TikTok 42 persen berasal dari generasi Z.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved