Tribunners / Citizen Journalism

Fakultas Pertanian UPNVJT Gelar Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa

Fakultas Pertanian UPNVJT gelar Kewirausahaan Mahasiswa yang terdiri atas beberapa tahapan, diantaranya Bussiness Model Canvas (BMC),

Editor: Toni Bramantoro
Dok. pers-upn.com
Fakultas Pertanian UPNVJT Gelar Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa 

Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) menggelar kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa yang terdiri atas beberapa tahapan, diantaranya Bussiness Model Canvas (BMC), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan Bootcamp. Bootcamp sebagai rangkaian akhir kegiatan ini telah sukses diadakan pada 18 hingga 21 Agustus 2021 di Hotel Bumi Surabaya.

Bootcamp merupakan pelatihan para calon startup dengan menghadirkan mentor-mentor yang profesional dalam bidang wirausaha. Calon startup yang berasal dari hasil seleksi BMC akan mendapatkan pendampingan, motivasi, dan pandangan lebih luas untuk mulai merintis ide bisnisnya.

Penanggungjawab kegiatan, Dr.Felicitas Deru Dewanti,SP,MP mengatakan banyak ide menarik yang muncul pada tahap awal BMC.

Ide tersebut bermula dari 32 tim, kemudian diseleksi menjadi 30 tim, lalu sampai pada 9 tim yang akan memasuki Bootcamp.

Bertema Startup Produk Pertanian Ramah Lingkungan, kegiatan ini diharapkan Felicitas Deru Dewanti menjadi ajang mengaktualisasikan karya mahasiswa dalam produk yang bervariasi sesuai potensi masing-masing.

Dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan secara ketat diterapkan pada Bootcamp Kewirausahaan ini. Seluruh partisipan Bootcamp wajib melakukan tes swab antigen yang disediakan oleh panitia.

Bahkan ketika ada peserta yang dinyatakan reaktif, maka tidak diizinkan untuk mengikuti kegiatan meskipun telah dinyatakan negatif pada swab berikutnya. Seluruh partisipan juga diwajibkan memakai masker dan menggunakan hand sanitizer yang telah diberikan. Pengaturan tempat duduk juga ditentukan berdasarkan kelompok, yaitu maksimal berjumlah lima orang dalam satu meja.

Pemberlakuan aturan ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 saat atau pasca acara ini berlangsung.

“Ya ini kita harus sangat berhati-hati di saat pandemi seperti ini juga. Tadi juga dilakukan swab supaya saat berkegiatan tetap aman, tidak ada yang menjadi pembawa virus,” ujar Sri Wiyatiningsih, dosen pendamping kegiatan.

Kegiatan Bootcamp diharapkan memberi manfaat berupa keterampilan kepada Mahasiswa agar siap berwirausaha dan memberikan pandangan prospek ide-ide kreatif untuk berwirausaha.

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved