Tribunners / Citizen Journalism

Dokter Terawan Hadir Pasien ini Tertolong

Kekhawatiran muncul jika izin praktek dokter Terawan tidak dapat diperpanjang maka banyak pasien yang tidak dapat mendapatkan pertolongan. 

Editor: Toni Bramantoro
Dok. pribadi
Dokter Sulis dan keluarga pasien Ibu Wiwi 

OLEH: Dar Edy Yoga

PENGOBATAN yang dilakukan dokter Terawan Agus Putranto menggunakan metode Digital Subtraction Angiography (DSA) terbukti ampuh menyembuhkan banyak pasien.  

Kekhawatiran muncul jika izin praktek dokter Terawan tidak dapat diperpanjang maka banyak pasien yang tidak dapat mendapatkan pertolongan. 

Peran dokter Terawan dan tim DSA dalam menangani pasien di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat sangat luar biasa.

Hal itu dibuktikan setelah seorang pasien bernama Ibu Wiwi yang datang ke Unit Gawat Darurat (UGD) beberapa waktu lalu dengan keluhan sakit kepala hebat di kepala. 

Setelah dilakukan pemeriksaan CT-Scan ditemukan adanya perdarahan di otak yang dalam dunia medis disebut perdarahan sub arachnoid yang biasanya disebabkan pecahnya Aneurisma, penonjolan pembuluh darah otak.

Mayor (ckm) dr. Sulistomo Herrantyo Sp.Rad(K) RI, dokter subspesialis radiologi intervensi di RSPAD menjelaskan, gejala yang dialami Ibu Wiwi biasanya muncul setelah benjolan pecah hingga menekan di jaringan otak.  

"Tindakan yang dilakukan pertama, diagnostik dulu. Kita lihat dari hasil pemeriksaan CT-Scan kepala tampak adanya perdarahan sub arachnoid, namun belum tampak penyebabnya sehingga kami lakukan tindakan DSA. Dari DSA kita lihat benar ada Aneurisma, kemudian kita lakukan operasi penutupan benjolan itu menggunakan koil," jelasnya. 

Sementara, Jessica, putri Ibu Wiwi mengatakan, setelah mengalami sakit kepala hebat orangtuanya langsung dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto lantaran banyak yang merekomendasikan pengobatan di Rumah Sakit Kepresidenan ini, salah satunya karena keberadaan dokter Terawan Agus Putranto.  

Jessica yang mengaku tinggal di Palmerah, Jakarta Barat itu langsung terpikir untuk melakukan terapi DSA. 

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved