Tribunners / Citizen Journalism

Koperasi Kuat dengan Digitalisasi dan Social Media

Koperasi saat ini tidak boleh lagi dilihat sebelah mata akan keberadaannya bagi perkembangan usaha UMKM.

Editor: Dewi Agustina
istimewa
Ilustrasi koperasi 

Penulis: Deni Nuryadin
Aktifis Philantrophy Islami

Momentum koperasi untuk meng-upgrade dirinya sebagai sebuah lembaga yang dapat memberikan manfaat luas bagi anggota dan masyarakat saat ini adalah sudah sangat tepat.

Koperasi saat ini tidak boleh lagi dilihat sebelah mata akan keberadaannya bagi perkembangan usaha UMKM.

Pada tingkat makro koperasi juga telah memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat secara nasional walaupun belum terlalu signifikan bila dilihat dari besaran volume bisnis yang digarapnya.

Sinyal kiprah beberapa koperasi dalam sektor usaha jasa dan perdagangan serta bisnis lainnya telah nampak membuahkan hasil, dimana di antara mereka ada yang asetnya telah mencapai triliunan rupiah.

Menurut penulis pencapaian di atas belumlah maksimal dan masih bisa ditingkatkan apabila kita ingin membandingkan dengan keberadaan koperasi-koperasi di negara SWISS, maka bisa dikatakan kita masih harus banyak belajar dari mereka.

Pemerintah Swiss mensuport dan mendorong agar koperasi-koperasi dapat mengelola dan menguasai bisnis di bidang ritel berskala besar atau raksasa, hal ini dapat kita lihat pada 2 koperasi yang mengelol ritel bisnis berskala raksasa yakni Coop dan Migros.

Tidak tanggung-tanggung pengelolaan profesional dengan berbasis modernisasi manajemen dan teknologi modern menjadikan koperasi-koperasi ini dapat berkompetisi dengan perusahaan besar lainnya.

Mereka membangun jaringan pasar dan mitra dengan berbasis teknologi modern dari hulu hingga hilir.

Melihat hal tersebut di atas maka ke depannya koperasi di Indonesia dapat menjawab tantangan zaman, modernisasi koperasi terlebih yang menggunakan konsep syariah semestinya juga mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved