Tribunners / Citizen Journalism

Tribuners Citizen Article

Gagasan Inovasi Peneliti dan Industri: Tantangan yang Menjanjikan Perubahan

Tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) sebuah invensi saat ini diukur mengikuti produk yang dilahirkan oleh NASA pada tahun 1974.

istimewa
Prof Dr dr Budi Wikeko, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Founder IMERI - GAKESLAB Technology Transfer Office (IMEGA) 

Oleh:Budi Wiweko

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

HAMPIR  di semua belahan dunia, penemuan yang lahir dari Universitas mampu memberikan efek perubahan signifikan.

Penemuan Penicillin oleh Howard Florey dari University of Oxford tahun 1939, penemuan tes Pap oleh Nicolas Papanicolaou dari Cornell University tahun 1939, penemuan USG oleh Ian Donald dari University of Glasgow tahun 1958, penemuan LCD oleh James Fergason dari Kent State University tahun 1967, penemuan MRI oleh Paul Laterbur dari University of New York tahun 1970 dan penemuan teknologi DNA rekombinan oleh Stanley Cohen dari UCLA tahun 1974 merupakan aksi nyata dari penelitian yang dilakukan universitas.

Tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) sebuah invensi saat ini diukur mengikuti produk yang dilahirkan oleh NASA pada tahun 1974.

Bagaimana terminologi ini membagi penelitian ke dalam klasifikasi riset dasar (TKT 1 – 3), riset translasional (TKT 4 – 6) dan riset terapan (TKT 7 – 9) menunjukkan kepada kita bahwa hampir tidak mungkin sebuah invensi lahir tanpa melalui penelitian yang panjang.

“Gap” yang terjadi umumnya di fase antara penelitian translasional dengan terapan yang membutuhkan dukungan kuat dari pihak industri. Komunikasi intensif, kondusif dan interaktif akan membuka peluang akselerasi prototipe riset ke ranah komersialisasi.

Hampir semua universitas terkemuka di dunia menaruh perhatian besar pada bidang ini, dengan mengembangkan konsep technology transfer office (TTO), sebuah unit yang bertanggung jawab pada komunikasi antara peneliti dan industri dalam rangka membawa hasil penelitian ke ranah komersial atau terapan.

Association University Technology Managers (AUTM), merupakan sebuah organisasi yang mengkoordinir semua TTO yang terdapat di universitas di Amerika Serikat. Perjalanan panjang AUTM sejak tahun 1996 sampai tahun 2015 berhasil mendorong 380.000 invensi dengan 80.000 diantaranya mendapatkan paten.

Gambaran ini menunjukkan bahwa hanya kurang lebih 20 % invensi akan berujung mendapatkan paten dan potensial menjadi produk. Oleh karena itu gagasan untuk melakukan penelitian harus terus diasah, dilatih, didorong serta difasilitasi oleh pemerintah, akademisi dan pihak industri.

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved