Tribunners / Citizen Journalism

Analisa Rangkap Jabatan Ketua Umum IAI dan Konsil Kefarmasian

Rangkap jabatan ketua umum IAI dengan Konsil Kefarmasian mendapat perhatian dari Anggota DPR RI.

Editor: Hasanudin Aco
ist
Apt. Drs. Chairul Anwar, Apoteker dan Anggota DPR RI 

Oleh: Apt. Drs. Chairul Anwar
Apoteker dan Anggota DPR RI

TRIBUNNEWS.COM - Berdasarkan pertanyaan beberapa rekan sejawat apoteker kepada saya terkait rangkap jabatan Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Konsil Kefarmasian maka sebagai hasil analisa terkait permasalahan tersebut berikut beberapa pokok pendapat sebagai berikut:

1. Posisi Konsil Kefarmasian sangat strategis dan Independen serta harus fokus dalam menjalani amanah.

Paling tidak ada beberapa alasan yang mendasarinya, antara lain:

a).  Fungsi konsil yang sangat besar secara tanggung jawab dan penting dari segi fungsi anatara lain fungsi pengaturan, penetapan dan pembinaan tenaga kesehatan dalam menjalankan praktik tenaga kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya mereka.

Baca juga: Masyarakat Farmasi Indonesia Sosialisasikan RUU Praktik Apoteker di Sulawesi Tengah

Konsil masing-masing tenaga kesehatan juga mempunyai tugas untuk menyusun standar kompetensi kerja bersama dengan organisasi profesi sesuai Pasal 8 dan Pasal 8 A, Perpres Nomor 86 Tahun 2019.

b). Konsil diangkat langsung oleh Presiden RI melalui Keputusan Presiden sebagai pemegang kekuasaan eksekutif tertinggi di negara kita.

c). Konsil Kefarmasian diangkatnya bersamaan dengan dengan konsil masing-masing tenaga kesehatan maka jika terjadi hambatan dan perubahan akibat pengunduran diri maka akan mengganggu tenaga kesehatan yang lain dan profesi farmasi menjadi “kurang baik” dimata profesi kesehatan yang lain.

d). Perlunya sikap Independensi dan fokus dalam menjalankan amanah menjadi konsil farmasi.

Oleh karena itu anggota konsil harus melepaskan jabatan struktural pada saat diangkat dan selama menjadi anggota konsil masing-masing tenaga kesehatan. Hal ini sesuai dengan Pasal 18 ayat 1 huruf g. dan ayat 2, Perpres Nomor 86 Tahun 2019.

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved