Tribunners / Citizen Journalism

Jalan Sunyi Gus Muhaimin Membersamai Desa

Kita beruntung di tengah menurunya grafik daerah champion, bermunculan banyak inovasi yang tumbuh dari desa.

Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusung politik kesejahteraan pada pemilihan umum (pemilu) 2024. 

Oleh: Borni Kurniawan
Mahasiswa S3 Sosiologi Pedesaan IPB

TRIBUNNEWS.COM  - Dasawarsa pertama era otonomi daerah melahirkan cukup banyak kepala daerah champion karena mampu membawa daerah yang dipimpinnya menjadi daerah yang inovatif.

Salah satu daerah yang dikenal reformis paling awal adalah Jembrana. Kabupaten ini didaulat sebagai kabupaten terbaik dalam penyelenggaraan layanan publik, sehingga menjadi rujukan studi banding.

Ada yang dikenal maju karena keberhasilanya mereformasi tata kelola keuangan daerah yang pro desa seperti Kabupaten Kutai Kertanagera dengan dana gerbang desaku, satu desa dua milyar.

Ada pula yang dikenal karena kebehasilan bupati perempuan pertama di Indonesia kala itu membangun sistem keterbukaan informasi seperti kabupaten Kebumen yang membangun infrastruktur televisi lokal Ratih TV.

Baca juga: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar Usung Politik Kesejahteraan di Pemilu 2024

Ada pula Kabupaten Bantaeng yang kala itu dipimpin kepala daerah bertitle professor alumni Jepang, berhasil membangun interkoneksitas desa, dengan membangun infrastruktur jalan antardesa yang berkualitas sehingga, distribusi perdagangan hasil pertanian seperti jagung, kopi dan kakau berjalan lancer.

Di samping itu Bantaeng juga dikenal dengan inovasi politik partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan desa, terutama kelompok perempuan dan divabel, sehingga tercipta perencanaan program pembangunan desa yang berbasiskan kebutuhan dan dukungan politik kewargaan.

Memasuki dasawarsa kedua, predikat daerah inovatif, daerah reformis ataupun daerah Budiman mengalami keruntuhan.

Beberapa faktor penyebabnya, pertama, terjebak dalam praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Kedua, tata kelola pemerintahan yang inovatif dan reformis tidak melembaga kuat ke dalam sistem pemerintahan itu sendiri.

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved