Tribunners / Citizen Journalism

BBM Bersubsidi

Penyesuaian Harga BBM, Langkah Pemerintah Menyelamatkan Si Miskin dari Dominasi Si Kaya

BBM naik tak bisa diterima semua orang, silahkan protes tapi sadari ini dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan beban subsidi yang tak tercover lagi.

Dok Pribadi
Antony Yudha, Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta, Ketua KOMRAD Pancasila 

Penyesuaian Harga BBM, Langkah Pemerintah Menyelamatkan “Si Miskin” dari Dominasi “Si Kaya”.

Penulis :
Antony Yudha
(Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta, Ketua KOMRAD Pancasila)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis pertalite dari harga 7650 Rupiah Perliter menjadi 10 ribu Rupiah perliter pada tanggal 3 September lalu.

Tentunya hal ini memicu gelombang protes dari berbagai elemen masyarakat yang merasa kebijakan tersebut dirasa tidak pro rakyat bagi kelompok tertentu.

Aksi penolakan tersebut merupakan hal yang wajar di negara demokrasi, Tetapi perlu juga kita cermati kenapa pemerintah harus mengambil langkah ini ditengah situasi pemulihan ekonomi nasional saat ini…

Selama ini Subsidi BBM dinikmati oleh siapa?

Menurut Direktur riset INDEF Berly Martawardaya konsumsi BBM yang mana 80 persen konsumsi jenis Pertalite dinikmati oleh orang mampu dan 95% Konsumsi jenis solar justru dirasakan oleh orang-orang kaya yang tidak layak untuk mendapatkan subsidi.

Tentu hal ini menggambarkan bahwa “Si Kaya” mendominasi jatah hajat untuk “Si Miskin” dan sirkulasi seperti sudah terjadi bertahun-tahun sebelumnya dari beberapa kali rezim pemerintahan.

Baca juga: Polisi Ringkus Sindikat Pengoplos BBM di Bengkulu: 10 Ton Solar Oplosan Disita

Ketika Pemerintahan Era Presiden Joko Widodo sadar bahwa subsidi BBM justru lebih banyak dinikmati orang mampu maka diambil langkah penyesuain harga, maka saya dapat mengatakan bahwa itu adalah kebijakan yang… ADIL. Walau bagi sebagian orang hal tersebut tidak bisa diterima karena kita masih keluar dari fase pemulihan ekonomi akibat Covid 19.

Yang tidak kalah progresifnya terkait keputusan penyesuain harga BBM ini adalah mobil dengan spesifikasi tertentu dilarang untuk mengisi BBM bersubsidi.

Halaman
12

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved