Tribunners / Citizen Journalism

Pameran Karya Seni Rupa 'Tidak Harus di Atas Rel', Ketika Disrupsi Meniscayakan Kreasi dan Inovasi

Pameran dibuka oleh Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Direktur IFI Stephane Dovert, Jumat (2/9/2022).

Editor: Hasanudin Aco
HO
Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Direktur IFI Stephane Dovert sedang mengamati lukisan karya Kembang Sepatu berjudul “Flexing” (mixed media, 100 x 100 cm, 2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Disrupsi teknologi 4.0 meniscayakan kreasi dan inovasi.

Termasuk di dunia seni rupa. Mereka yang statis tanpa kreasi dan inovasi akan terlindas oleh laju roda zaman.

Sebab itu, tak harus di atas rel merupakan keniscayaan.

Demikianlah amanat “suci” dari Pameran Karya Seni Rupa “Tidak Harus di Atas Rel” yang digelar di Institut Francais Indonesia (IFI) di Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 2-15 September 2022.

Pameran dibuka oleh Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Direktur IFI Stephane Dovert, Jumat (2/9/2022).

Pameran ini menampilkan karya-karya unggulan tiga perupa, yakni Chryshnanda Dwilaksana, Ireng Halimun dan Kembang Sepatu yang sudah malang-melintang di dunia pameran seni rupa.

Baca juga: Mengenal Lukisan-lukisan Karya Raden Saleh, Penangkapan Pangeran Diponegoro hingga Berburu Banteng

Chyshnanda sendiri adalah perupa berlatar belakang polisi atau bhayangkara dengan pangkat brigadir jenderal atau bintang satu di pundaknya.

Sedangkan Ireng Halimun dan Kembang Sepatu adalah lulusan jurusan seni rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ireng “nyambi” sebagai penulis dan penyair, sedangkan Kembang Sepatu “nyambi” sebagai guru.

“Memang, disrupsi teknologi begitu cepat, melampaui ekspektasi dan prediksi. Hal baru dan kebaruan menjadi sesuatu kekuatan untuk dapat bertahan bahkan tumbuh dan berkembang.

Demikan juga dengan seni sebagai pilar peradaban tatkala hanya statis dan begitu-begitu saja akan dianggap kuno, menyebalkan, membosankan, dan ditinggalkan,” kata Kembang Sepatu dalam rilisnya, Senin (12/9/2022).

Halaman
123

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved