Tribunners / Citizen Journalism

BBM Bersubsidi

Naikan Harga BBM, Jokowi dan Kabinetnya Seperti Tidak Pro Rakyat

Jokowi didesak segera mencabut kembali kebijakan kenaikan harga BBM, sebab sangat jelas kenaikan harga BBM itu membuat masyarakat semakin sengsara. 

Dok Pribadi
Erlangga Abdul Kalam, Wakil Ketua I PC PMII Jakarta Timur. Presiden Jokowi didesak segera mencabut kembali kebijakan kenaikan harga BBM, sebab sangat jelas kenaikan harga BBM membuat masyarakat semakin sengsara.  

Naikan Harga BBM, Jokowi dan Kabinetnya Seperti Tidak Pro Rakyat

Oleh: Erlangga Abdul Kalam
Wakil Ketua I PC PMII Jakarta Timur

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BBM bersubsidi resmi dinaikan oleh pemerintah pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022 kemarin.

Kebijakan itu juga langsung dijalankan selang 1 jam saat diumumkan ke publik.

Arifin Tasrif, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang didampingi oleh Kemensos dan Presiden Joko Widodo menyebutkan kenaikan harga BBM itu untuk menyesuaikan dengan harga minyak dunia.

Disaat yang sama, saya melihat situasi perekonomian Negara kita sedang krisis.

Salah satu yang paling jelas persoalannya adalah penggunaan dana APBN yang banyak dialokasikan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru dan dana pensiun untuk Anggota Dewan.

Karenanya kebijakan mengenai kenaikan harga BBM itu dikeluarkan, tujuannya saya kira sudah pasti hanya untuk menopang beban ekonomi negara agar tidak hancur.

Baca juga: Asumsi RAPBN 2023 Tak Realistis, Ekonom: Penolakan Harga BBM Masih Berlarut Hingga Tahun Depan

Saya akui kebijakan itu merupakan salah satu alternatif yang baik untuk mengantisipasi kemerosotan perekonomian negara, namun yang sangat saya sesalkan alternatif itu tidak tepat dalam penempatan waktunya. Sehingga tidak bisa menjadi solusi bagi masyarakat.

Kalau mau dirunut, negara sebagai lembaga dan individu sebagai masyarakat saat ini belum benar-benar pulih total kondisi perekonomiannya imbas badai pandemi.

Halaman
1234

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved