5.076 Pelari Ikuti BII Maybank Bali Marathon

Mbogo Elijah Mwaniki asal Kenya keluar sebagai juara di nomor Full Marathon (FM) yang berjarak 42,19 km dengan catatan waktu 2 jam 17 menit 16 detik.

Laporan Reporter Tribunnews Video, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, GIANYAR - Ribuan pelari memadati pintu masuk Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Minggu (30/8/2015) pagi. Pemanasan pun dilakukan para pelari sebelum memulai lari marathon di garis start.

Gelaran BII Maybank Bali Marathon (BMBM) 2015 tercatat diikuti oleh 5.076 pelari dari berbagai negara, terdiri dari 1.892 pelari wanita dan 3.184 pelari pria. Mereka terbagi dalam beberapa kategori, yakni Full Marathon yang menempuh jarak 42 km, Half Marathon sepanjang 21 km, dan 10 K yang menempuh jarak 10 km.


Peserta BII Maybank Bali Marathon 2015 bersiap di garis start, Minggu (30/8/2015). (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Perwakilan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Igor Tanjung mengatakan, perhelatan lomba lari BMBM telah tercatat sebagai event lari marathon berstandar internasional.

"Setelah melalui penelitian BMBM dan hasilnya BMBM memenuhi standar internasional," kata Igor sebelum melepas atlet yang berlomba.


Peserta BII Maybank Bali Marathon 2015 bersiap di garis start, Minggu (30/8/2015). (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Dominasi pelari asal benua Afrika benar-benar digdaya dalam lomba BII Maybank Bali Marathon (BMBM).

Mbogo Elijah Mwaniki, pelari marathon asal negeri Kenya, keluar sebagai juara di nomor Full Marathon (FM) yang berjarak 42,19 km dengan catatan waktu 2 jam 17 menit 16 detik.

Dalam sesi jumpa pers, Mbogo mengatakan, jalur marathon di Gianyar, Bali tempat yang sangat menyenangkan dan treknya sangat menantang.

"Ada beberapa trek di jalur yang naik turun dan itu sangat menantang, tapi secara keseluruhan Bali sangat baik," ungkapnya.

Dominasi pelari asal Kenya pun terjadi di nomor Full Marathon wanita. Tercatat Elizabeth Chepkanan Rumokol berhasil meraih juara pertama dengan catatan waktu 2 jam 17 menit 58 detik, yang dibayangi oleh rekan senegaranya, Elizabeth Jeruiyot Chemweno dengan catatan 2 jam 46 menit 17 detik, dan di tempat ketiga, Viola Jepchirchir Kimeli.


Para juara BII Maybank Bali Marathon 2015 menerima hadiah, Minggu (30/8/2015). (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Sementara itu, Presiden Direktur BII, Taswin Zakarya mengatakan, event BMBM yang digelar di Gianyar, Bali merupakan event lari yang telah menjadi event lari standar international.

"Saya cukup senang bahwa kualitas kita sudah bisa disamakan dengan event-event internasional," ujar Taswin.

Dalam gelaran BMBM ini, Kompas Gramedia menjadi official media. Stan Kompas Gramedia pun hadir di area event. Membagikan koran secara gratis hingga mengadakan fun game dengan hadiah menarik, membuat semakin semaraknya stand tersebut.(*)

Editor: Sapto Nugroho
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved