VIDEO Senam Zumba di Shahnaz Studio Bandar Lampung

Zumba dari bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang dan bergerak cepat

Laporan Wartawan Tribun Lampung, YOGA NOLDY PERDANA

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Suka melakukan gerakan tari dengan musik cepat yang gembira? Mungkin senam Zumba adalah solusinya.

“Zumba” berasal dari kata dari bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang dan bergerak cepat.

Senam Zumba adalah rangkaian gerakan kardiovaskular yang menyenangkan dan mudah diikuti yang diiringi dengan musik, yang memiliki banyak manfaat kepada tubuh salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan.

Instruktur Sanggar Senam Kebugaran Shannaz, Yurike Laloan, mengatakan, senam zumba merupakan gerakan tarian yang aslinya berasal dari Negara Kolombia.

Namun untuk di Sanggar Senam Kebugaran Shahnaz sendiri, gerakan Zumba tersebut sudah dikolaborasikan atau ditambah gerakannya menjadi lebih bervariasi lagi dengan menggabungkan gerakan-gerakan lain yang familiar bagi orang Indonesia.

Beberapa gerakan senam Zumba yang asli itu ada yang namanya “Merengue” dan “Kumbia”.

Gerakan dari Merengue, Kumbia, dan gerakan Zumbia lainnya berguna untuk membakar kalori seperti mengencangkan otot tangan, membentuk pinggang, mengencangkan otot paha, merampingkan pinggang dan lengan, juga mengencangkan otot perut.

"Namun di sini, gerakan-gerakan dari Zumbia kita gabungkan juga dengan gerakan senam aerobic seperti salsa, reggae, hiphop, chacha, rock and roll, dangdut, dan lainnya, yang membuat selruh bagian tubuh kita bergerak dan menghasilkan kesehatan yang maksimal, intinya senam Zumba di Shanaz adalah gabungan antara gerakan senam dengan dance yang popular di dunia,” tutur Yurike, Senin (7/12/15).

Senam Zumba ini, lanjut Yurike, memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh.

“Di antaranya untuk melatih kardio, menguatkan paru-paru, menurunkan berat badan, membentuk tubuh yang ideal, membuat awet muda dan banyak lagi. Memang kelihatannya capek, tapi kalau sudah dipraktekan, pasti tidak akan terasa lelahnya karena di sini kita melakukan senam tersebut dengan cara yang sangat menyenangkan dan banyak variasi tari serta lagu apa saja yang sedang update di dalamnya,” ujarnya.

Yurike menambahkan, Sanggar Senam Kebugaran Shahnaz yang terletak di Jalan Ridwan Rais No. 22 ,Kali Balau Kencana, Bandar Lampung ini dibuka setiap harinya dari Senin sampai Sabtu.

Dengan kelas pagi pada pukul 09.00WIB dan kelas sore pada pukul 16.00WIB dengan durasi senam selama 1 jam.

“Semua kalangan dapat mengikuti senam Zumba ini, dari yang masih muda sampai sudah lanjut usia pun bisa," katanya.

"Untuk yang berminat dengan senam Zumba ini, dapat langsung datang kesini, dengan biaya per datang latihannya hanya dikenakan biaya sebanyak Rp 20.000 saja, namun untuk di Shanaz sendiri hanya dikhususkan bagi kaum hawa saja, kecuali jika ada permintaan senam Zumba untuk kaum adam, saya dapat dipanggil untuk melatih di instansi-instansi juga,” ucapnya. (*)

Editor: Bian Harnansa
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved