Mudik Lebaran 2016

Jembatan Sipait B Pemalang-Pekalongan Bisa Dilalui Pemudik H-6‎

"Harapan kami pada H-6 sudah dibuka untuk lalu lintas, belum 100 persen, tapi fungsional. Jembatan ini aman nantinya untuk dilalui."

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, PEKALONGAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan Jembatan Sipait B yang menghubungkan Pemalang-Pekalongan, dapat dioperasikan fungsional pada H-6 sebelum Lebaran.

‎Pejabat Pembuat Komitmen PJN Wilayah 1 Jawa Tengah, BBPJN V Kementerian PUPR Ya'F Foor Sulaimain mengatakan, progres pengerjaan Jembatan Sipait terdapat tiga bentang, di mana bentang timur dan barat telah selesai pengecoran lantai dan tinggal satu bentang lagi.

"Harapan kami pada H-6 sudah dibuka untuk lalu lintas, belum 100 persen, tapi fungsional. Jembatan ini aman nantinya untuk dilalui, kami tidak buka kalau tidak aman," katanya di Jembatan Sipait, Pekalongan, Jumat (25/6/2016) malam.

Jembatan Sipait yang memiliki panjang 90 meter dan lebar 9 meter dikerjakan oleh kontraktor PT Margo Tresno Jaya, menargetkan perbaikan jembatan hingga 100 persen jadi pada 18 September 2016, dengan demikian setelah arus mudik dan balik selesai, pengerjaan akan dikebut kembali.

Jembatan yang akan dioperasionalkan untuk jalur pemudik, katanya, sedikit banyak dapat mengurangi kemacetan yang biasanya terjadi pada sekitaran Jembatan Sipait‎.

"Tahun kemarin di sini, tanpa ada kegiatan apapun pasti macet, macetnya panjang karena kemacetan ada di daerah Wiradesa yang ada pasar, jadi kalau ini belum selesai akan menambah titik kemacetan," tuturnya.

Pergantian Jembatan Sipait B yang menelan dana APBN 2015 dan 2016 senilai Rp 25,6 miliar, dilakukan karena jembatan yang sama sudah memiliki umur 70-an tahun dan sudah tidak layak untuk dilalui kendaraan, telebih menahan beban yang berat. (*)

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Mohamad Yoenus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved