JK Janjikan Pertamina Akan Turunkan Harga BBM Non-Subsidi

Jika tidak dilakukan penyesuaian harga, BBM Pertamina akan kalah bersaing dengan para kompetitornya.

JK Janjikan Pertamina Akan Turunkan Harga BBM Non-Subsidi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mobil tangki BBM melintas di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta, Selasa (8/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga minyak mentah dunia kini turun ke level rendah. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 pada awal pekan lalu masih berada di angka US$ 52,45 per barel dan harga minyak Brent untuk pengiriman Februari 2019 seharga US$ 61,67.

Namun PT Pertamina (Persero) masih belum menurunkan harga BBM non subsidi sejak 10 Oktober 2018 lalu. Sementara, badan usaha lain telah menurunkan harga BBM non subdidi yang dijual di SPBU-nya.

Merespon itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan PT.Pertamina akan melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi.

"Untuk yang non-subsidi, itu pasti ada penyesuaian. Saya tidak tahu (kapan), itu tergantung Pertamina," kata JK di Kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Baca: Lima Anak Buah Imam Nahrawi Terjaring OTT KPK, Kemenpora Siapkan Bantuan Hukum

Alasannya, jika tidak dilakukan penyesuaian harga, BBM yang dijual Pertamina akan kalah bersaing dengan para kompetitornya.

"Kalau tidak ada penyesuaian, nanti harganya akan berbeda dengan Shell, contohnya. Tapi nanti pasti ikuti harga pasar, memang hukumnya di situ," ungkapnya.

Peluang penurunan harga BBM non subsidi terbuka lebar seiring merosotnya harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, keputusan penurunan harga BBM nonsubsidi masih harus menunggu Pertamina.

"Semua (harga BBM non-subsidi) kan tinggal menunggu Pertamina Januari (2019)," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/12/2018)..

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved