Saham Boeing Langsung Ambles Begitu Sejumlah Negara Eropa Larang Terbangkan 737 Max Series

Inggris melarang penerbangan 737 Max hingga ada informasi lebih lanjut soal penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines.

Saham Boeing Langsung Ambles Begitu Sejumlah Negara Eropa Larang Terbangkan 737 Max Series
ABC
Pesawat Boeing 737 Max 8 buatan Boeing. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penurunan dalam enam hari berturut-turut hingga kemarin tampaknya belum terhenti. Selasa (12/3) pukul 23.43 WIB, harga saham Boeing menukik 6,41% ke level US$ 374,42 per saham jika dibandingkan dengan harga kemarin. Ini adalah harga terendah Boeing sejak 30 Januari 2019.

Meski pekan lalu harga saham Boeing terkoreksi setelah mencapai level tertinggi di US$ 440,62 per saham, penurunan harga saham Boeing setelah kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3/2019) menyebabkan harga saham Boeing langsung ambles.

Meski sejumlah negara masih mengoperasikan Boeing 737 Max, negara-negara yang melarang penerbangan seri pesawat Boeing ini pun makin banyak. Bloomberg melaporkan, Inggris melarang penerbangan 737 Max hingga ada informasi lebih lanjut soal penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines.

Negara-negara Eropa lain seperti Jerman, Prancis, Belanda, Austria, dan Irlandia mengambil langkah serupa. Menurut sumber Bloomberg, European Union Aviation Safety Agency segera merilis larangan serupa.

Baca: Sempat Ditanyai Polisi, Pria Ini Selamat dari Kecelakaan Maut Boeing 737 Max 8 Ethiopian Airlines

Sebelumnya, sejumlah negara menyetop penerbangan dengan Boeing 737 Max. Beberapa negara ini misalnya, China, Australia, Singapura, Indonesia, Oman dan Argentina. Tapi, munculnya larangan serupa di Eropa membawa hantaman lebih keras bagi Boeing.

Padahal, kemarin Federal Aviation Administration, otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Boeing 737 Max layak terbang.

"Yang kita lihat saat ini adalah pe terhadap FAA, dan pertanyaan yang muncul adalah apakah American (Airlines) dan Southwest (Airlines) masih akan mengoperasikan pesawat ini?" kata Sandy Morris, analis Jefferies di London seperti dikutip Bloomberg.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Sejumlah negara Eropa melarang 737 Max, saham Boeing menukik makin dalam

 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved