Amazon.com Akuisisi Washington Post

CEO Amazon.com Inc, Jeff Bezos setuju untuk membeli Washington Post senilai 250 juta dollar AS

Amazon.com Akuisisi Washington Post
net

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - CEO Amazon.com Inc, Jeff Bezos setuju untuk membeli Washington Post senilai 250 juta dollar AS. Dia yakin bisa menerapkan keberhasilannya di e-commerce di industri surat kabar.

Dalam transaksi itu, Bezos membuat kesepakatan sebagai individu dan mewakili Amazon, toko online terbesar di dunia. Washington Post menjadi surat kabar legendaris setelah berhasil membongkar skandal Watergate pada tahun 1970-an, yang memaksa Presiden Richard Nixon mundur dari posisi sebagai Presiden AS.

Seiring dengan pembelian Washington Post itu, Bezos menjadi miliarder yang kesekian kalinya yang tertantang untuk menghidupkan kembali bisnis media cetak.

Pekan sebelumnya, John Henry pemilik klub baseball AS Boston Red Sox dan klub sepak bola Inggris Liverpool, telah melakukan kesepakatan membeli surat kabar Boston Globe pekan lalu. Adapun Warren Buffett pada awal tahun lalu berhasil mendirikan komunitas makalah.

"Saya memahami peran penting Washington Post bagi bangsa Amerika Serikat, dan nilai-nilai Washington Post tidak akan berubah," kata Bezos dalam pernyataannya sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Selasa (6/8/2013).

"Tugas kami adalah meneruskan agar Washington Post tetap di hati pembaca, dan saya sangat optimis tentang masa depan," tambahnya.

Kesepakatan itu menandai akhir kepemilikan surat kabar itu oleh keluarga Graham, yang memegang surat kabar itu sejak tahun 1933. Dalam 7 tahun terakhir, penjualan Washington Post menurun, dipicu oleh kemerosotan iklan, sehingga mendorong keluarga tersebut untuk menjual kepemilikannya. Adapun penasihat keuangan dalam aksi korporasi ini adalah Allen & Co.

Sementara itu, keluarga Graham dalam penjelasannya mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya tak berharap Washington Post lepas dari kepemilikan keluarganya.

"Ini adalah hari, di mana saya dan keluarga tidak pernah berharap untuk datang. Kami telah memiliki koran tersebut selama 8 dekade."

Washington Post Co, yang juga memiliki stasiun televisi Newsweek dan kabel ONE, belum mengumumkan nama barunya. Selain membeli Washington Post, Bezos juga memperoleh unit bisnis lainnya, yaitu Washington Publishing, koran Gazette, Express, El Tiempo Latin dan Robinson Terminal.

Sementara itu, analis Burlingame, yang berbasis di California, Ken Doctor, menuturkan Keluarga Graham seperti melemparkan handuk.

"Ini semacam melemparkan handuk. Keluarga Graham melihat masa depan, namun tidak bisa melakukan apa-apa," jelasnya.

Bezos (49) saat ini memiliki kekayaan bersih 27,9 miliar dollar AS menjadi orang terkaya nomor 16 di Bloomberg Billionaires Index. Dia menempati urutan atas bersama pendiri Google Inc Larry Page dan Sergey Brin, serta CEO Microsoft Steve Ballmer dan pendiri Dell Inc (DELL) Michael Dell.(Kompas.com)

Tags
akuisisi
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved