Lebih dari 1800 Orang Indonesia Ajukan Visa Pengungsi ke Jepang

Pihak Jepang berharap pemerintah Indonesia mungkin bisa melakukan sosialisasi lebih lanjut

Lebih dari 1800 Orang Indonesia Ajukan Visa Pengungsi ke Jepang
Richard Susilo
Data kenaikan jumlah aplikasi visa pengungsi ke Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah warga Indonesia yang mengajukan visa pengungsi (namin) ke Jepang meningkat drastis lebih dari 1800 orang di tahun 2016.

Padahal di tahun 2015 hanya mencapai 926 orang.

"Tampaknya banyak calo tenaga kerja dari Indonesia yang memanfaatkan jalur visa pengungsi ini dan banyak orang Indonesia yang tidak tahu kalau hal ini tidak mungkin dikabulkan saat ini karena Indonesia adalah negara yang aman, nyaman dan makmur saat ini," papar sumber Tribunnews.com di kementerian kehakiman Jepang Selasa ini (3/10/2017).

Pihak Jepang berharap pemerintah Indonesia mungkin bisa melakukan sosialisasi lebih lanjut mengenai visa pengungsi tersebut agar tidak disalahgunakan oleh para orang yang tidak bertanggungjawab, tambahnya.

Jumlah aplikasi visa pengungsi dari warga Indonesia mencapai 1829 orang dan tidak ada satu pun yang dikabulkan.

Kementerian kehakiman Jepang mencatat antara Januari hingga Juni 2017 sebanyak 8561 warga asing mengajukan visa pengungsi.

"Jumlah yang sangat banyak bahkan terbanyak dalam sejarah Jepang selama ini," tekannya lagi.

Jumlah tersebut meningkat 1,7 kali dibandingkan tahun sebelumnya dan ada kecenderungan meningkat terus dengan aplikasi kamuflase tersebut yang sebenarnya untuk mencari kerja di Jepang.

Baca: Rumah Sakit Universitas Kyoto Jepang Akui Berikan Obat Salah Sehingga Pasien Meninggal

Peraturan di Jepang setelah Maret 2010, enam bulan setelah aplikasi visa pengungsi diajukan maka orang yang bersangkutan diperkenankan bekerja sementara untuk bisa menghidupi dirinya.

Sejak tahun 2013 jumlah aplikasi terus meningkat dan tahun lalu melebihi 10.000 aplikasi yaitu mencapai 10.901 aplikasi.

Peningkatan jumlah aplikasi visa pengungsi ke Jepang terutama karena relaksasi visa yang diberikan Jepang buat Indonesia sejak awal tahun 2012.

"Dari visa turis yang diperoleh lalu banyak yang mengajukan aplikasi visa pengungsi di Jepang dengan harapan bisa bekerja di Jepang. Namun apabila ditolak visanya tentu harus pulang ke Indonesia, tidak bisa lagi berada di Jepang," tambahnya lebih lanjut.

Indonesia bukan negara yang porak poranda, bukan negara perang, bukan negara yang tidak stabil, jadi dipastikan visa pengungsi ditolak bila diajukan saat ini, ungkapnya lebih lanjut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help