Mendadak Gunung Shirane Jepang Meletus, Satu Meninggal, 11 Luka Berat

Sekitar jam 11 pagi ini gunung Shirane mendadak meletus dan mengeluarkan asap hitam serta batu-batuan magma

Mendadak Gunung Shirane Jepang Meletus, Satu Meninggal, 11 Luka Berat
Richard Susilo
Gunung berapi setinggi 2160meter, Kusatsu Shirane di perfektur Gifu Jepang yang mendadak meletus mencapai level 3 siang ini (23/1/2018) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Gunung berapi setinggi 2160 meter, Kusatsu Shirane di Perfektur Gifu Jepang yang mendadak meletus mencapai level 3 siang ini (23/1/2018) mengakibatkan satu orang meninggal dan 11 orang luka berat termasuk 8 orang pasukan bela diri Jepang (SDF) yang sedang latihan di sana.

"Bantuan dari SDF dengan helikopternya telah dilakukan dan sedikitnya 80 orang telah diungsikan dari lokasi terdekat gunung Shirane tersebut," papar sumber Tribunnews.com Selasa ini (23/1/2018).

Sekitar jam 11 pagi ini gunung Shirane mendadak meletus dan mengeluarkan asap hitam serta batu-batuan magma sehingga pegunungan yang putih tertutup salju kini menjadi hitam.

Baru sebesar bola boling pun ada yang menghantam rumah peristirahatan dan restoran sekitar letusan gunung tersebut.

Satu orang akibatnya meninggal dan 11 orang luka berat langsung dibawa ke rumah sakit terdekat dengan helikopter SDF.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, gempa besar vulkanik disertai fluktuasi tanah diamati  sekitar pukul 10 pagi ini dari jarak sekitar 1 kilometer atau lebih   dari kawah  gunung berapi Kusatsu Shirane.  Tak lama siang sekitar jam 11 gunung meletus dan level bahaya langsung naik ke level 3 yang melarang masuk orang ke radius 2 kilometer dari gunung tersebut.

Menurut polisi, pemadam kebakaran, dan Pasukan Bela Diri, delapan anggota awak GSDF (angkatan darat Jepang), yang sedang  berlatih di Resor Ski Internasional Kusatsu di dekatnya, dibawa ke rumah sakit dan seorang anggota laki-laki berusia 49 tahun  meninggal dunia.

Selain itu 11 orang cedera pula, termasuk seorang penumpang ski di gondola resor ski yang terluka oleh kaca jendela yang pecah.

 "Saya bilang sama isteri saya "Saya Cinta Padamu" karena pikiran saya mati lah saya di ketinggian 50 meter dalam gondola yang berlantungan itu," ungkap seorang korban yang terluka.

Menurut pemadam kebakaran, tiga orang yang terluka dalam tingkat cedera berat.

Selain itu, sekitar 80 orang meninggalkan lokasi di dekat stasiun puncak jalan setapak di resor ski, namun semuanya berhasil diselamatkan oleh helikopter   dari SDF.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help