Mengintip Cara Jepang Menghidupkan Kembali Listrik Pasca Black Out Akibat Gempa Bumi

Listrik di Hokkaido padam total (black-out) pertama kali dalam sejarah sejak Kamis (6/7/2018) setelah gempa bumi besar sekitar 6,7 SR di daerah Iburi.

Mengintip Cara Jepang Menghidupkan Kembali Listrik Pasca Black Out Akibat Gempa Bumi
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Peta penyebaran listrik untuk memulihkan dan perimbangan listrik awal menyala menggunakan tenaga angin, air dan matahari sebelum menggunakan tenaga batubara. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Listrik di Hokkaido padam total (black-out) pertama kali dalam sejarah sejak Kamis (6/7/2018) setelah gempa bumi besar sekitar 6,7 SR di daerah Iburi, Hokkaido sekitar jam 03.08 waktu Jepang.

Lalu bagaimana menghidupkannya?

Kantor Pusat Pembangkit listrik Hokkaido di Sapporo.
Kantor Pusat Pembangkit listrik Hokkaido di Sapporo. (Wikipedia)

"Gempa bumi besar secara otomatis mematikan semua pembangkit listrik untuk menghindari bahaya lebih lanjut," kata Seiichi Kato, dosen Universitas Elektrik Tokyo, Kamis (6/9/2018).

Pembangkit listrik Tomato Atsuma yang mempunyai kapasitas 1,65 juta kilowatt akhirnya tidak tahan dan mati, karena harus menanggung beban sekitar 3 juta kilowatt listrik di Hokkaido.

Manhole di Hokkaido
Manhole, saluran pembuangan air yang seolah mencuat ke atas, padahal sebenarnya tanah melesak ke dalam sedalam kira-kira satu meter.

"Keseimbangan lepas, tak kuat menahan beban, akhirnya pembangkit listrik terbesar itu pun mati otomatis untuk menghindari akibat buruk, sekaligus menjadikan pemadaman total di Hokkaido," lanjutnya.

Baca: Black Out Pertama Kali di Hokkaido Jepang, Kejahatan Muncul saat Listrik Padam

Untuk menyalakan kembali listrik yang telah black-out menurut Kato ternyata tidak mudah karena harus perlahan supaya tetap seimbang antara kebutuhan dan pemasokan listrik.

"Oleh karena itu mungkin digunakan dulu pembangkit listrik tenaga air, tenaga matahari dan tenaga angin agar listrik menyala terbih dulu, tidak membuat kaget saat menghidupkan kembali pembangkit besarnya," ungkapnya.

Perawat di Atas Gedung RS di Jepang
Dua perawat di atas gedung rumah sakit mengimbau permintaan bahan bakar untuk menyalakan mesin pembangkit listrik guna menghidupkan listrik dalam rumah sakit yang umumnya dihuni sekitar 70 persen lansia.

Menteri Perekonomian, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko, Kamis (6/9/2018) juga menekankan kemungkinan satu minggu untuk menyalakan full (penuh) listrik di Hokkaido.

"Diharapkan Jumat dan Sabtu besok sedikitnya sepertiga wilayah Hokkaido telah menyala kembali. Untuk listrik penuh mungkin butuh waktu seminggu agar pulih total," ungkap Seko.

Daerah Mizutaku Sapporo Jepang
Daerah Mizutaku Sapporo yang semula jalan rata mendadak jadi jalan tanjakan karena tanah melesak ke dalam sekitar satu meter.
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved