Jokowi Hapus Topeng Monyet

Jokowi: Tahun 2014, Jakarta Bebas Topeng Monyet

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2014 mendatang Jakarta akan bebas topeng monyet.

Jokowi: Tahun 2014, Jakarta Bebas Topeng Monyet
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Aktivis Jakarta Animal Aid yang peduli penderitaan satwa melakukan unjuk rasa menentang keberadaan topeng monyet di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (18/9/2011). Dalam aksinya mereka mengambil sikap untuk memperjuangkan hak-hak satwa dan meminta kepada pemerintah daerah untuk membuat SK larangan dan menghentikan topeng monyet di Jakarta.

Laporan Wartawan Warta Kota Ahmad Sabran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2014 mendatang Jakarta akan bebas topeng monyet.

Isu eksploitasi monyet di Indonesia, sudah menjadi perhatian dunia internasional. "Monyet itu bisa menyebarkan rabies, pekan ini, kita mulai penertibannya," kata Jokowi, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/10/2013).

Menurut Jokowi, monyet adalah binatang yang dilindungi, oleh sebab itu harus  dikembalikan ke habitatnya atau masuk ke kawasan konservasi. Monyet-monyet itu akan ditampung di Taman Margasatwa Ragunan untuk konservasi.

Agar eksploitasi monyet itu tak lagi terjadi, Pemprov DKI juga sudah memasang poster "2014 Jakarta Bebas Topeng Monyet".

Melalui poster tersebut, Jokowi mengimbau agar masyarakat tidak menyiksa hewan primata tersebut. Dituliskan di poster itu, bahwa menyiksa monyet selain melanggar Pasal 302 KUHP, juga menyiksa hewan itu sendiri.

Dalam poster itu juga, tertulis dengan jelas bahwa monyet bukan hewan peliharaan karena dapat menularkan penyakit tuberkolosis (TBC).

Selain itu, dalam poster tersebut juga dituliskan bila ada warga yang memelihara monyet di rumahnya dan ingin melakukan tes penyakit TBC, diimbau untuk menghubungi nomor 081319073733. Pemeriksaan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved