Berkat MMM, Bisa Lebaran Aman

Selasa, 5 Agustus 2014 22:54 WIB

Berkat MMM, Bisa Lebaran Aman
Warta Kota/Nur Ichsan

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Arisan MMM benar-benar menolong sejumlah pegawai negeri sipil. Mereka tak perlu berhutang untuk berlebaran di kampung halaman.

Novri Wardana (28), seorang PNS di sebuah kementerian di Jakarta, juga mengakui hal itu kepada Wartakotalive.com ketika ditemui di rumahnya beberapa waktu lalu.

Saat Lebaran 2013 lalu, kata Wardana, dia terpaksa meminjam Rp 10 Juta ke bank untuk merayakan Lebaran di kampung halamannyaya di Ambarawa, Jawa Tengah. Uang itu kemudian Ia bayar mencicil bersama istrinya enam bulan berikutnya.

Sekarang Wardana mengaku tak pusing darimana harus mendapat uang berlebaran. “Sudah cukup semua. Saya cuti sampai 9 Agustus. Mau puas-puasin di kampung,” kata Wardana.

Begitu juga Solihin, rekan satu kantor Wardana, mengaku selama empat tahun menjalani rumah tangga, dia atau istrinya selalu mengajukan pinjaman ke koperasi atau ke bank saat Lebaran tiba. Walau tak banyak, tapi kadang Solihin geleng-geleng kepala dengan kebiasaan itu.

Biasanya dia meminjam uang antara Rp 10 sampai Rp 15 Juta saat Lebaran. Untuk Lebaran Solihin selalu mengambil pinjaman dari koperasi. Sedangkan pinjaman bank hanya Ia pakai untuk yang besar, yakni membeli rumah dan mobil.

“Tapi mau sampai kapan ketergantungan terus sama bank. Capek juga kan pinjam uang, lalu mencicil. Jadi tahun ini adalah tahun pertama saya tak pinjam ke koperasi untuk Lebaran,” kata Solihin.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Warta Kota
Tags
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016 About Us Help