Kalijodo Kreatif Festival untuk Wanita Jakarta Digelar Seminggu

Media online porosjakarta.com dan posfilm.com akan menggelar acara bertajuk Kalijodo Kreatif Festival 2017

Kalijodo Kreatif Festival untuk Wanita Jakarta Digelar Seminggu
ist
Fajar SJ, Ketua Panitia Kalijodo Kreatif Festival 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari Kartini dan juga memperkenalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, media online porosjakarta.com dan posfilm.com akan menggelar acara bertajuk Kalijodo Kreatif Festival 2017.

Acara Kalijodo Kreatif Festival yang mengusung tema Semangat Kartini Untuk Wanita Jakarta akan berlangsung selama satu minggu, dimulai 23 hingga 30 April 2017.

Acara akan diisi dengan menggelar bazaar dan aneka lomba untuk anak-anak hingga orang tua, senam kesegaran jasmani, serta hiburan musik berupa akustik yang diadakan sepanjang gelaran ini berlangsung.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini tidak terlepas dari momen peringatan hari Kartini yang diperingati pada setiap tanggal 21 April. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para generasi bangsa, khususnya generasi muda akan selalu ingat pada perjuangan seorang Kartini yang telah berjuang agar pendidikan bangsa Indonesia khusunya pendidikan kaum wanitanya diperhatikan,” ungkap Ketua Panitia Kalijodo Kreatif Festival, Fajar SJ, Kamis (21/4/2017).

Yang sangat menarik dari gelaran Kalijodo Kreatif Festival 2017 ini adalah menyertakan warga, baik anak mudanya dan kelompok ibu-ibu sekitar dalam mengisi rangkaian acara, sehingga menjadi berbeda dengan acara-acara lainnya yang pernah digelar. Acara ini pun bertujuan sebagai sarana silaturahmi warga sekitar Kalijodo dan warga Jakarta pada umumnya.

Ada senam kesegaran jasmani, juga untuk mengisi panggung hiburan melibatkan warga sekitar. Bahkan sarana olahrga dan permainan yang ada di RTH-RPTRA Kalijodo pun tetap dapat digunakan pengujung selama gelaran acara ini berlangsung.

“Kami tidak menggangu atau mempergunakan area sarana dan permainan yang ada di RTH dan RPTRA Kalijodo, seperti arena skateboard, permainan seluncur anak-anak, juga lapangan futsal. Bahkan kami pun bersinergi dengan kegiatan yang sudah ada di sana. Mereka kami masukan sebagai rangkaian acara,” jelas Fajar SJ.

Namun, Fajar pun mengungkapkan mengurus izin penggunaan RTH dan RPTRA yang cukup panjang prosedur.

“Cukup sulit karena secara administrative RTH Kalijodo masuk wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sedangkan RPTRA masuk wilayah Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, belum lagi izin lainnya,” ungkap Fajar SJ.

Namun keunikan RTH-RPTRA Kalijodo yang masuk dalam dua wilayah administratif, menjadikan tantangan tersendiri bagi Fajar SJ dan rekan panitia lainnya, untuk tetap bersemangat agar acara Kalijodo Kreatif Festival 2017 ini dapat terselenggarakan.

Berbagai lomba yang diadakan yakni untuk anak-anak diadakan lomba mewarnai dan lomba menggambar.

Untuk wanita dan ibu-ibu ada lomba merias wajah (make up) dan lomba fashion Kartini. Ditambah pula ada lomba photo dengan tema Kalijodo Manusiawi, selama kegiatan berlangsung.[]

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help