Digratiskan, Siang Ini Penumpang Transjakarta Koridor 13 Tak Sepadat Pagi Tadi

Menurut Adit, petugas Transjakarta yang berjaga, jumlah penumpang di siang ini tak begitu padat dibandingkan pagi hari tadi.

Digratiskan, Siang Ini Penumpang Transjakarta Koridor 13 Tak Sepadat Pagi Tadi
TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Calon penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Tendean, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017) siang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Layanan bus Transjakarta koridor 13 jurusan Tendean-Ciledug telah dibuka. Penumpang yang naik bus di koridor ini belum dipungut biaya khusus untuk hari ini, Minggu (13/8/2017).

Pantauan Tribunnews.com, hanya ada sekira 12-14 orang calon penumpang yang menunggu di Halte Tendean, Jakarta Selatan, sekira pukul 11.30 WIB.

Tampak tiga buah kursi dari besi yang semuanya telah terus oleh calon penumpang di halte Tendean.

Lima Kipas angin terpasang di dalam halte, dengan hanya 3 kipas yang menyala. Dari enam pintu otomatis, hanya tiga saja yang dioperasikan.

Tiga pintu lainnya nampak disegel menggunakan pipa besi. Tujuannya adalah agar sensor otomatisnya tidak berfungsi sehingga tak akan terbuka bila ada calon penumpang berdiri di depannya, khusus untuk hari ini.

Menurut Adit, petugas Transjakarta yang berjaga, jumlah penumpang di siang ini tak begitu padat dibandingkan pagi hari tadi.

"Tadi pagi banyak yang bus pertama, ini sekarang udah sepi," ujar Adit.

Menurutnya, penumpang yang mencoba rute baru ini sudah mencapai angka ratusan. Terlebih karena Koridor 13 ini difungsikan dan di uji coba di akhir pekan atau hari libur.

"Ada kalau ratusan. Tadi aja penuh banget busnya, yang berdiri banyak banget. Tapi terus pada turun di Ragunan, (mau) rekreasi mungkin," kata pria asli Condet itu.

Untuk pengoperasian hari ini, dari jurusan Tendean-Ciledug, bus Transjakarta hanya berhenti di tiga halte yaitu Halte Tendean, Adam Malik, dan Puri Beta.

Jika sudah dioperasikan secara resmi, akan ada 13 halte pemberhentian di jurusan tersebut.

Sementara itu ada juga jurusan Ciledug-Ragunan, yang hanya beroperasi tanggal 13 Agustus 2017.

Berdasarkan pengamatan Tribunnews.com, waktu tempuh Halte Tendean hingga Puri Beta memakan waktu sekitar 30-45 menit. Dengan jarak tunggu tiap bus datang sekira 20-25 menit.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help