• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pemanfaatan Energi Alternatif Mampu Turunkan Tarif Listrik

Rabu, 19 Februari 2014 07:21 WIB
Pemanfaatan Energi Alternatif Mampu Turunkan Tarif Listrik
ilustrasi Pusat Listrik Tenaga Surya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prof. Dr. Suhardi menyatakan sudah saatnya energi alternatif  dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

“Indonesia kaya dengan sumber-sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, air, angin, dan energi panas bumi. Sudah saatnya sumber energi alternatif tersebut dimanfaatkan untuk tenaga listrik," jelasnya.

Gerindra memandang penggunaan energi alternatif untuk listrik akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Dengan penggunaan energi alternatif, maka tarif listrik untuk masyarakat dapat turun secara bertahap. Subsidi listrik juga dapat ditekan. Tentunya secara ekonomi juga akan lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pakar Partai Gerindra, Burhanuddin Abdullah mengatakan bahwa penggunaan energi alternatif merupakan solusi untuk jangka panjang untuk mewujudkan ketahanan energi.

“Pada saat ini kita dihadapkan pada kondisi dimana ketergantungan terhadap BBM sangat tinggi. perlu diperhatikan juga kondisi bahwa produksi BBM tidak sebanding dengan konsumsi yang sangat tinggi. Pada akhirnya negara ini harus mengimpor BBM. Hal ini bisa dihindari dengan penggunaan alternatif salah satunya untuk energi listrik," tuturnya.

Memang untuk pengembangan sumber daya panas bumi membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Namun tentunya yang harus dilihat adalah  untuk jangka panjang dimana sumber energi seperti BBM pasti akan habis.

Penggunaan sumber daya alternatif adalah solusi yang paling tepat untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi. Masyarakat juga akan sangat diuntungkan karena biaya listrik yang murah. Negara juga diuntungkan karena beban subsidi yang pasti berkurang.

Burhanuddin juga mengatakan bahwa penerapan energi alternatif adalah salah satu bagian dari program kerja Partai Gerindra yang dituangkan dalam 6 Program Aksi Transformasi Bangsa Partai Gerindra.

“Salah satu program kami adalah membangun pembangkit listrik tenaga listrik tenaga panas bumi dan air dengan kapasitas total 10.000 MW. Hal ini merupakan bagian dari kepedulian kami terhadap masalah energi," paparnya.

"Apabila nantinya rakyat memberi mandat dan kepercayaan kepada Gerindra untuk memimpin negeri ini, saya menjamin bahwa program kerja tersebut pasti dijalankan," tegasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
0 KOMENTAR
2947911 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas