Pilgub Jawa Barat

Pengamat: Ridwan Kamil Tersandera Golkar Saat Ini

Padahal sesungguhnya, menurut Hendri Satrio, Emil tidak terlalu membutuhkan Golkar untuk maju ke Pilgub Jabar.

Pengamat: Ridwan Kamil Tersandera Golkar Saat Ini
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
JABAR SATU - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto saat menyerahkan rekomendasi kepada Ridwan Kamil (tengah) dan Daniel Muttaqien (kiri) sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubenur Jabar 1 disaksika oleh sejumlah politis Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly, Jakarta Barat, Kamis (11/9). Partai Golkar resmi mengusung pasangan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jawa Barat tahun 2018. (Warta Kota/henry lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seperti tersandera Golkar saat ini.

Musababnya, beredar kabar bahwa Partai Golkar memberikan syarat mutlak agar urusan calon wakil gubernur yang mendampingi Ridwan harus kader partai berlogo pohon beringin itu, yakni Daniel Mutaqien Syafiuddin.

Padahal sesungguhnya, menurut Hendri Satrio, Emil tidak terlalu membutuhkan Golkar untuk maju ke Pilgub Jabar.

Pasalnya, Emil sudah mengantongi dukungan cukup dari Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Bahkan dengan bergabungnya Golkar di gerbong Emil mengakibatkan Emil juga menanggung beban citra Golkar yang sedang merosot akibat kadernya yang terlalu banyak berurusan dengan KPK," ujar Hendri Satri, yang juga Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) itu kepada Tribunnews.com, Rabu (15/11/2017).

Baca: Ini Visi Misi Anies-Sandi Pimpin 5 Tahun Jakarta

Belum lagi., kata dia, polemik e-KTP yang menerpa Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

"Menurut saya Emil harus tampil elegan dengan membebaskan diri dari citra Golkar yang grafiknya sedang menurun," ucapnya.

Ketua Badan Pengendalian Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Jawa Barat Iswara meminta kepada bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk segera memutuskan pilihan bakal calon wakil gubernur Jawa Barat sebagai pendampingnya pada Pilkada Jawa Barat 2018.

"Partai Golkar Jawa Barat tidak mau diberikan cek kosong. Kami meminta agar Pak Ridwan Kamil segera memutuskan wakilnya," kata Iswara saat ditemui di kantor DPD Jawa Barat, Jalan Maskumambang, Kota Bandung, Selasa (14/11/2017).

Lebih lanjut, Iswara menambahkan, pihaknya memberikan batas waktu kepada Ridwan Kamil hingga tanggal 25 November 2017 agar menetapkan pasangannya.

Saat ini, ada tiga nama yang menjadi kandidat kuat pendamping Ridwan Kamil, yakni Daniel Muttaqien (Partai Golkar) Uu Ruzhanul Ulum (PPP), dan Syaiful Huda (PKB).

Iswara pun meminta agar pria yang karib disapa Emil itu memilih Daniel Muttaqien sebagai pasangannya.

"Kami meminta agar Pak Ridwan Kamil memilih Daniel Muttaqien sebagai pasangannya. Kalau tidak, ini akan membuat mesin Partai Golkar tidak bekerja maksimal,"kata dia.(*)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help