Karir Letjen Doni Monardo Dianggap Lebih Gemilang di TNI

Peneliti Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo menyoroti soal ditundanya pelantikan Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Doni Monardo,

Karir Letjen Doni Monardo Dianggap Lebih Gemilang di TNI
Kompas.com
Letjen TNI Doni Monardo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo menyoroti soal ditundanya pelantikan Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Doni Monardo, pada Rabu (2/1/2019) yang lalu.

Karyono tidak ingin berspekulasi terlalu jauh meraba-raba alasan ditundanya pelantikan Doni Monardo. Dirinya mencoba melihat bahwa posisi selama ini, Kepala BNPB diisi oleh jabatan sipil. "Kalaupun diisi oleh orang yang berlatar belakang militer, mereka sudah purnawirawan dan rata-rata bintang dua," ujar Karyono, Sabtu (5/1/2018)

Doni Monardo masih menjadi TNI aktif hingga tahun 2021. Menurut Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 47 Ayat 1, prajurit hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas keprajuritan.

Kemudian, sesuai Pasal 47 Ayat 2 prajurit TNI boleh menduduki posisi jabatan di kantor Menkopolhukam, Kemenhan, Sekmil, BIN, Lembaga Sandi Negara, Lemhanas, Wantanas, SAR Nasional, dan BNN. "Sehingga dengan demikian, Doni harus mengundurkan diri terlebih dahulu jika ingin menduduki jabatan sebagai kepala BNPB," katanya.

Di satu sisi, menurut Kayono, patut disayangkan jika Doni hanya menjabat kepala BNPB. "Karier militer Doni masih memiliki masa depan gemilang. Karenanya untuk jabatan kepala BNPB sebaiknya diserahkan kepada pihak sipil saja," ujarnya.

Baca: Sutopo: Pelantikan Kepala BNPB Ditunda karena Ada Masalah Administrasi

Menurutnya, masih banyak pejabat karier yang berlatar belakang sipil dari internal BNPB yang berpengalaman dan memiliki kemampuan memimpin instansi yang menangani tanggap darurat bencana alam.

"Tapi saya juga harus akui dari segi kemampuan, mantan Pangdam III/Siliwangi itu memenuhi syarat untuk menggantikan Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei," imbuhnya.

Dikatakan Karyono, berbagai pengalaman Doni di militer dan keberhasilannya dalam bidang lingkungan seperti membentuk Satgas Citarum yang disebut sebagai sungai terkotor di dunia kini mulai bersih.

Baca: Letjen Doni Monardo Sempat Disebut-sebut Akan Dilantik, Siapakah Dia?

Seperti diketahui, Doni Monardo saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional sejak 14 Maret 2018. Sebelum menjabat Sekjen Wantannas, Doni merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985, yang menduduki posisi sebagai Panglima Komando Daerah Militer lll/Siliwangi.

Penulis: Reza Deni
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved