Penangkapan Terduga Teroris

Penangkapan 4 Terduga Teroris di Bekasi Masih terkait Kelompok Abu Hamzah yang Ditangkap 2018

Ia menjelaskan saat melakukan upaya penangkapan, sejumlah terduga teroris melarikan diri ke beberapa daerah seperti Bekasi, Jakarta dan Kalimantan Ten

Penangkapan 4 Terduga Teroris di Bekasi Masih terkait Kelompok Abu Hamzah yang Ditangkap 2018
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Kombes Pol Asep Adi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengkonfirmasi bahwa penangkapan empat terduga teroris di Bekasi, beberapa hari lalu, masih terkait dengan penangkapan kelompok Abu Hamzah di Gunung Salak, Aceh, tanggal 13 Desember 2018 silam.

"Bahwa densus 88 telah melakukan kegiatan preventif strike bermula dari upaya ketika pada tanggal 13 Desember 2018 yang lalu melakukan penindakan di daerah gunung Salak, Aceh terhadap sebuah kelompok bernama Abu Hamzah yang melakukan latihan militer di gunung tersebut," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Ia menjelaskan saat melakukan upaya penangkapan, sejumlah terduga teroris melarikan diri ke beberapa daerah seperti Bekasi, Jakarta dan Kalimantan Tengah.

Kemudian pada tanggal 10-11 Juni 2019, kata dia, Densus 88 Antiteror berhasil menangkap enam terduga teroris yang telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Mantan Kapolres Bekasi Kota itu mengatakan empat terduga teroris diamankan di Bekasi, sementara dua lainnya di Kalimantan Tengah.

"Saat inilah dari tanggal 10-11 Juni melakukan upaya penangkapan terhadap DPO, dan kegiatan itu menghasilkan ada 6 orang teroris yang kita tangkap. 4 berada di Bekasi dan 2 di Kalteng," ucapnya.

Adapun kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti alat komunikasi, buku ajaran jihad, dan buku terkait tata cara pembuatan bom.

Baca: Klarifikasi Eks Panglima GAM Soal Referendum, Ini Komentar Moeldoko

Sebelumnya diberitakan, Densus 88 Antiteror dikabarkan menangkap 4 orang terduga teroris di Bekasi, Jawa Barat. Mabes Polri membenarkan perihal penangkapan tersebut.

"Bahwa benar penangkapan tersebut dilakukan oleh Densus 88," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, ketika dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019).

Densus 88 diketahui menangkap terduga teroris bernama Harun alias Abu Zahra di Pondok Gede, Bekasi, pada hari Senin (10/6) kemarin, pukul 21.00 WIB.

Ketiga terduga teroris lainnya berinisial AAS, I, dan KA ditangkap bersamaan keesokan harinya, Selasa (11/6) dini hari. Mereka ditangkap dalam sebuah kontrakan di Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi.

Asep mengatakan pihaknya melalui Densus 88 masih mendalami para terduga teroris ini, terutama terkait keterlibatan dan jaringan dari kelompok teroris mereka.

"Saat ini masih dilakukan pendalaman terkait eksistensi dan jaringan mereka," kata dia.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved