Penangkapan Terduga Teroris

Selain 4 Terduga Teroris di Bekasi, Densus 88 Antiteror Tangkap 2 Terduga Teroris di Palangkaraya

Keenamnya disebut Asep sama-sama merupakan kelompok Abu Hamzah yang melarikan diri dari penangkapan di Gunung Salak, Aceh pada tanggal 13 Desember 201

Selain 4 Terduga Teroris di Bekasi, Densus 88 Antiteror Tangkap 2 Terduga Teroris di Palangkaraya
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain meringkus empat terduga teroris di Bekasi, Densus 88 Antiteror juga berhasil menangkap dua terduga teroris lainnya di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan kedua terduga teroris berinisial T dan A itu masih memiliki keterkaitan dengan empat terduga teroris di Bekasi.

Keenamnya disebut Asep sama-sama merupakan kelompok Abu Hamzah yang melarikan diri dari penangkapan di Gunung Salak, Aceh pada tanggal 13 Desember 2018 silam.

"Beberapa hal yang saya klarifikasi adalah yang di Kalteng hanya ada 2 DPO yaitu dengan inisial T dan A dengan target Densus 88. Ini merupakan pelarian dari gunung Salak yang berada di Aceh," ujar Asep, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Densus 88 Antiteror juga mengamankan sejumlah orang di Kalimantan Tengah. Namun Asep tak merinci jumlah pasti orang yang diamankan selain dua terduga teroris itu.

Menurutnya, mereka masih merupakan kerabat atau family dari dua terduga teroris itu.

Mereka turut diperiksa untuk mengetahui apakah terpapar pula paham radikal.

Baca: Penangkapan 4 Terduga Teroris di Bekasi Masih terkait Kelompok Abu Hamzah yang Ditangkap 2018

"Yang lain diamankan di Kalteng adalah family dari yang bersangkutan. Diluar dari dua tadi adalah kerabatnya. Ini masih dalam proses pendalaman, apakah dia terpapar atau tidak. Jadi jelasnya hanya dua DPO," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengkonfirmasi bahwa penangkapan empat terduga teroris di Bekasi, beberapa hari lalu, masih terkait dengan penangkapan kelompok Abu Hamzah di Gunung Salak, Aceh, tanggal 13 Desember 2018 silam.

"Bahwa densus 88 telah melakukan kegiatan preventif strike bermula dari upaya ketika pada tanggal 13 Desember 2018 yang lalu melakukan penindakan di daerah gunung Salak, Aceh terhadap sebuah kelompok bernama Abu Hamzah yang melakukan latihan militer di gunung tersebut," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved