Pilpres 2019

Begini Rincian Aturan dan Rancangan Debat Keempat Pilpres 2019 Sabtu Lusa

Segmentasi debat keempat akan sama dengan debat ketiga. Debat dialokasikan selama dua jam dan terdiri dari enam segmen.

Begini Rincian Aturan dan Rancangan Debat Keempat Pilpres 2019 Sabtu Lusa
Tribunnews/MUHAMMAD FADHLULLAH
Puluhan orang aksi damai yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk kesejahteraan Prajurit, Veteran, dan Purnawirawan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/03/2019). Dalam aksi tersebut meminta kepada KPU untuk memasukkan bahan materi aksi damai ini ke dalam debat calon presiden ke empat pada tanggal 30 Maret mendatang. TRIBUNNEWS/MUHAMMAD FADHLULLAH 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat keempat Pemilihan Presiden 2019, Sabtu (30/3/2019). Debat bakal mempertemukan kedua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Tema yang diusung dalam debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Saat ini, KPU masih terus mempersiapkan pelaksanaan debat yang akan digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat. Berikut detil pelaksanaan debat keempat, baik soal aturan dan rancangan segmentasinya:

Segmentasi debat keempat akan sama dengan debat ketiga. Debat dialokasikan selama dua jam dan terdiri dari enam segmen.

"Sama ya segmentasinya, yang debat ketiga itu sudah diperbaiki sana sini, ya kita pakai itu durasinya," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019). 

Baca: FOTO-FOTO: Seperti Lautan Semut, Begini Kemeriahan Massa Sambut Prabowo di Lapangan Mandala, Merauke

Segmen pertama adalah pemaparan visi, misi, dan program capres terkait dengan tema debat. Kemudian, dilanjutkan segmen kedua dan ketiga seputar pendalaman visi, misi, dan program.

Kedua capres akan mendapatkan pertanyaan yang dibuat oleh panelis, yang kemudian disampaikan oleh moderator. Selanjutnya, pada segmen empat dan lima, akan dialokasikan untuk pendalaman visi, misi, dan program melalui pertanyaan antar kandidat.

Joko Widodo dan Prabowo Subianto diperbolehkan untuk saling bertanya satu sama lain pada segmen ini.

Metro TV jadi penyelenggara

KPU tak mengubah media penyelenggara debat keempat Pilpres 2019. Metro TV tetap menjadi satu dari tiga stasiun televisi penyelenggara debat, meskipun Badan Pemenangan Nasional (BPN) sebelumnya sempat menyatakan keberatan.

Selain Metro TV, debat keempat pilpres juga diselenggarakan oleh SCTV dan Indosiar. "Televisi penyelenggara debat keempat adalah Grup Emtek dan Metro TV," kata Wahyu.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved