Ketua MUI Kalsel Wafat

Su

Ketua MUI Kalsel Wafat
Dok Banjarmasin Post
Ketua Majelis Ulama Kalsel, Asywadie Syukur
Laporan Wartawan Banjarmasinpost.co.id, Gep
TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN
- Suasana duka menyelimuti rumah di Jalan Sultan Adam Kompleks Madani Nomor 5 Banjarmasin, Sabtu (27/3/2010) petang. Pemilik rumah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan, KH Prof Asywadie Syukur dipanggil Allah SWT di usianya yang ke-71 tahun.

Ulama kelahiran Desa Benua Hulu Kecamatan Lahai Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah pada 8 Agustus 1939 itu, menghembuskan napas terakhir, setelah menjalani perawatan intensif RSUD Ulin Banjarmasin. "Pada Selasa (23/3/2010), Bapak kedatangan banyak tamu, membahas persiapan Rakerda MUI Kalsel. Kemudian pada Kamis (25/3/2010) kondisi kesehatannya melemah, sehingga langsung dibawa ke rumah sakit," jelas sang menantu, Gusti Kadarusman.

Dikatakan Kadarusman, pada Sabtu (27/3/2010) sekitar pukul 00.00 Wita, keluarga diminta almarhum berkumpul di rumah sakit. "Saat itu kami sekeluarga diminta menemui beliau, kemudian beliau menyampaikan pesan terakhirnya ingin pulang pada jam dua," kata Kadarusman.

Keluarga merasa kehilangan seorang sosok yang sangat perhatian terhadap keluarga dan juga terhadap masyarakat Kalsel. "Beliau sangat sayang dengan anak-anak dan juga para menantunya, karena itu kami merasa sangat kehilangan. Namun ini kehendak Allah SWT, kami mengikhlaskannya," jelasnya.

Asywadie Syukur selama masa hidupnya  menjabat  sebagai Ketua MUI Kalsel periode 2006-2011 serta pernah menjabat sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin periode 1996-2001. Selain aktif berdakwah, ayah enam anak, kakek 13 cucu dan suami dari Tsuwaibatul Aslamiyah ini, juga sempat menjadi ketua delegasi kunjungan ke bebarapa negara seperti Tunisia, Mesir dan Arab Saudi pada 1991.

Tidak hanya itu, selain aktif dalam organisasi MUI Kalsel, Asywadie sempat berkiprah dalam beberapa organisasi kemasyarakatan, seperti PMI Kalsel, Majelis Dakwah Islamiyah Kalsel dan Dewan Masjid Indonesia Kalsel. (*)

Editor: Harismanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved