Minggu, 2 Agustus 2015
Tribunnews.com

Kemendagri Minta Pilgub Lampung Digelar Bareng Pileg 2014

Jumat, 19 Juli 2013 16:49 WIB

Kemendagri Minta Pilgub Lampung Digelar Bareng Pileg 2014
/TRIBUNNEWS.COM/YOGI GUSTAMAN
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Djohermansyah Djohan , Jumaat (13/5/2011)

Laporan Wartawan Tribun Lampung Reza Gunadha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Provinsi Lampung, tampaknya bakal menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) berbarengan dengan pemilihan umum legislatif (pileg), yakni Bulan April 2014.

Hal itu, merupakan kesimpulan dalam Rapat Konsultasi Jadwal dan Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung, yang digelar di Kantor Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Jl Medan Merdeka Utara No 7, Kamis (18/07/2013).

Rapat tersebut, diprakarsai dan diikuti oleh Dirjen Otda Djohermansyah Djohan, Dirjen Keuangan Daerah Yuswandi A Temenggung, Dirjen Kesbangpol Akbar Ali, dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Juri Ardiantoro.

Sementara perwakilan dari Lampung ialah Sekretaris Provinsi Berlian Tihang, Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Biro Keuangan Yanwardi, dan Sekretaris KPU Lampung Peturun AS.

"Kalau ditinjau dari kondisi keuangan daerah, dan rentang waktu yang dimiliki KPU Lampung, kami menyimpulkan pilgub tidak mungkin menggunakan jadwal semula, 2 Oktober 2013. Jadi solusinya, pilgub digelar April 2014," kata Dirjen Otda Djohermansyah Djohan, seusai rapat, Kamis sore.

Djohan mengungkapkan, Kemendagri juga menolak usulan pemprov yang meminta pemungutan suara pilgub digelar pada Bulan Januari 2014. Pasalnya, pemprov juga dipastikan belum memiliki dana dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk menyelenggarakan pilgub di awal Januari.

Halaman123
Editor: Reza Gunadha
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas