• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribun Superball

Pelatih Timnas U-19: Uji Coba dengan Tim Luar Negeri Harus Diperbanyak

Selasa, 24 September 2013 04:54 WIB
Pelatih Timnas U-19: Uji Coba dengan Tim Luar Negeri Harus Diperbanyak
/SURYA/ERFAN HAZRANSYAH
Pesepakbola Tim Nasional U-19 Indonesia lakukan latihan dibawah pelatih Indra Sjafri dalam laga sepakbola Piala AFF U-19 2013. (SURYA/ERFAN HAZRANSYAH) 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sukses Indonesia mejuarai di Piala AFF-19 2013 menjadi modal berharga bagi Evan Dimas Darmono dkk untuk menapak prestasi lebih tinggi Tim Garuda Muda sehingga keberadaannya harus dipertahankan.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menjelaskan, jejak langkah pemain didikannya masih panjang dan penuh tantangan. Sukses merebut gelar AFF U-19 baru langkah awal sebagai pembelajaran bagi pemain menghadapi event lain.

"Biarkan pemain tumbuh dan berkembang lagi. Kekompakan, kerja keras dan motivasi pemain sangat tinggi. Tim ini (Timnas U-19) harus jadi kesatuan yang utuh, harus dipertahankan," saran Indra.

Indra yang kontraknya di Timnas U-19 diperpanjang Badan Tim Nasional (BTN), tidak punya waktu banyak larut dalam kemenangan karena Indonesia sudah dihadapkan pada kualifikasi Piala AFC U-19 yang kemungkinan bakal digelar di Sidoarjo.

Pada kualifikasi Piala AFC, Merah Putih tergabung di Grup G bersama Laos, Korea Selatan dan Filipina. Grup ini tidak ringan, karena bercokol tim kuat Korea Selatan yang juga negara tangguh sepak bolannya di Asia. Kekuatan Laos juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Setelah mengantarkan juara, Indra pun langsung ke DI Jogjakarta guna menyiapkan pemusatan latihan (TC) Evan Dimas dkk. Pemain hanya diberi libur selama empat hari setelah itu kembali berkumpul dalam pemusatan latihan di Jogjakarta.

"Kami harus mempersiapkan pertandingan kualifikasi Piala AFC U-19. Waktu tidak panjang untuk menyiapkan," jelas Indra.

Pelatih asal Padang ini mengaku, pemain didikannya diberi libur untuk pulang bertemu keluarga karena Evan Dimas dkk sudah menjalani TC untuk Piala AFF U-19 di Sidoarjo, sejak pertengahan Agustus 2013.

Indra mengaku, timnya butuh banyak menambah pertandingan internasional. Evan Dimas dkk masih minim menjalani laga dengan tim-tim internasional. Menghadapi Piala AFF-19, Garuda Muda hanya melakoni sekali uji coba internasinal lawan Timnas U-17 UEA di Malaysia.

"Saya kira uji coba dengan tim luar negeri perlu diperbanyak laga. Ini supaya jam terbang pertandingan internasional anak-anak bertambah," harap Indra.

Sebelum hajatan Piala AFF U-19, tim Garuda Muda pernah merasakan atmosfir pertandingan internasional di turnamen junior di Hongkong, Februari 2013, dan Indonesia berhasil merebut gelar.(fathkul alamy/surya)

Editor: Ravianto
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas