Pilpres 2019

Trafik Data Naik 16,3 Persen, Telkomsel Meraup Rezeki dari Pilpres 2019

Telkomsel juga sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan.

Trafik Data Naik 16,3 Persen, Telkomsel Meraup Rezeki dari Pilpres 2019
TRIBUN/HO
Persiapan pelayanan compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS, jelang malam pergantian tahun di Jakarta, Senin (31/12/2018).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 18,5 petabyte atau meningkat 16,3 persen saat hari coblosan di Pilpres 17 April 2019, lebih tinggi dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatra Barat dan Riau dengan peningkatan 28% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Sulawesi (19,5%) dan wilayah Jawa Barat (18,3%).

Jika dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara menurun 10% menjadi 1,125 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang melorot 7,8% menjadi 482 juta SMS.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, Telkomsel selalu menjadi bagian dari kesuksesan berbagai perhelatan maupun mometumn nasional dalam hal penyediaan layanan komunikasi, termasuk pada Pemilu tahun ini. 

Baca: Gambar Prabowo-Sandiaga Serta PKS dan Gerindra Paling Banyak Dicoblos di Arab Saudi

"Dalam pesta demokarasi yang berdekatan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri, kami telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan agar selama masa tenang, Pilpres, Hari Pemilihan hingga Pengumuman, layanan komunikasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun kendala yang berarti,” katanya dalam pernyataan tertulis, Sabtu (20/4/2019). 

Baca: Cerita Sakitnya Sandiaga Uno dan Janji Sang Sahabat Erick Thohir, Membesuknya

Denny mengatakan, Telkomsel juga sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan.

Layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan-layanan digital.

Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang terjadi pada Pemilu 2019, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia.

Sebelimnya XL Axiata mencatat, dalam periode antara tanggal 16 April hingga18 April 2019, trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga 24% dibandingkan trafik hari normal  Sementara itu trafik voice naik 4%.

Reporter: Ahmad Febrian

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Saat pemilihan presiden 2019, trafik data Telkomsel meningkat 16,3%  

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved