Blog Tribunners

Cara Melaporkan Penipuan Minta Pulsa

Aksi kelompok penipu semakin masif. Mereka menggunakan segala sarana untuk menipu korbannya.

TRIBUNNERS - Aksi kelompok penipu semakin masif. Mereka menggunakan segala sarana untuk menipu korbannya.

Salah satunya melalui pesan singkat via telepon selular. Mereka menyamar sebagai seorang sanak saudara korban dan meminta pulsa menggunakan nomor asing.

Adapula menipu korban mereka dengan mengirimkan pesan singkat yang menginformasikan korban mereka menang undian. Sudah dipastikan semuanya bohong belaka. 

Anda pasti jengah dan jengkel dengan perbuatan para penipu. Berikut cara melaporkan perbuatan mereka kepada operator telepon selular agar tidak kembali mengulangi perbuatannya.

Operator ponsel XL, kirimkan sms dengan format Lapor#nomor si penipu#kasis yg dikeluhkan lalu kirim ke 5883. Untuk Telkomsel, format SMS, penipuan#nomor penipu# isi sms tipuan dan kirim ke 1166. Indosat format SMS, SMS(spasi) nomor penipu(spasi) isi sms penipuan kirim ke 726. Jika sudah ada 2 orang yg melaporkan sms penipuan, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator.

Jika anda mengalami penipuan dalam transaksi online cukup kirim kronologis berita dan nomor rekening penipu ke email, Cybercrime@polri.co.id.

Polisi akan langsung bertindak dengan memblokir ATM si penipu dan melacak keberadaannya untuk segera ditindak sesuai hukum.

Jangan sepelekan kejahatan ini, karena sudah banyak korbannya. 

Penulis: Fransisca putri kirana
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help