Blog Tribunners

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Atasi Penyakit Diare

Dapat diketahui, pada kondisi normal, biasanya semua orang buang air besar sekali atau dua kali dalam sehari dengan konsistensi feses padat atau keras

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Atasi Penyakit Diare
Tribun Batam/Eliza Gusmeri
Ilustrasi 

Pengertian dari diare adalah salah satu gejala buang air besar dengan konsitensi feses (Tinja) yang lembek atau cair, bahkan dapat berupa air saja. Frekuensinya bisa terjadi lebih dari dua kali sehari dan berlangsung dalam jangka waktu lama tapi kurang dari 14 hari. Dapat diketahui, pada kondisi normal, biasanya semua orang buang air besar sekali atau dua kali dalam sehari dengan konsistensi feses padat atau keras. 
Penyakit diare dengan gejala buang air besar berair atau berair disertai darah dan lendir akibat infeksi bakteri atau parasit di saluran pencernaan bisa di sebut juga disentri. Dari gejala disentri meliputi sebagai berikut :
1. Demam
2. Kehilangan nafsu makan
3. Sakit perut
4. Tinja encer dan disertai darah atau lendir
5. Mual dan muntah
Sekilas Tentang Buah Jambu Biji Untuk Diare
Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. 
Jambu biji juga memiliki sejumlah zat penting seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, magnesium mineral, tembaga, mangan, dan diberi nama superoxide enzyme dismutase.
Dari sekian banyak kandungan jambu biji, manfaat jambu biji untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya berguna untuk mengobati penyakit diare, karena jambu biji merupakan sumber serat makanan terkaya dalam hal buah. Jambu biji juga telah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk mengatasi diare.
Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh : 
1. Menjaga tekanan darah 
2. Baik untuk penderita diabetes
3. Untuk menjaga kesehatan kulit
4. Meningkatkan sistem pencernaan
5. Mencegah terjadinya kanker
6. Mengobati sembelit
7. Dan membantu menyerap nutrisi
Jambu biji dapat menjadi berbagai olahan sebagai berikut : 
1. Jus jambu biji merah
2. Es krim jambu biji merah
3. Pancake jambu biji merah
4. Setup jambu merah biji
5. Manisan jambu biji merah
6. Bolu jambu biji merah
7. Dan kue kukus jambu biji merah
Nah, demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai jambu biji untuk diare, semoga bermanfaat dan untuk menambah wawasan anda.

Selengkapnya

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help