Bea Cukai Kawal Ekspor Ratusan Ton Produk Perikanan dari Sumut dan Aceh

Bea Cukai terus berupaya membimbing pengusaha dalam negeri untuk bersaing di pasar ekspor.

Editor: Content Writer
dok. Bea Cukai
Bea Cukai mampu mengantarkan ratusan ton produk perikanan asal Sumatera Utara dan Aceh ke pasar mancanegara Juli ini. 

TRIBUNNEWS.COM – Jalankan perannya sebagai industrial assistance, Bea Cukai terus berupaya membimbing pengusaha dalam negeri untuk bersaing di pasar ekspor. Hasilnya, kali ini Bea Cukai mampu mengantarkan ratusan ton produk perikanan asal Sumatera Utara dan Aceh ke pasar mancanegara Juli ini.

Bertempat di PT Toba Surimi Industries, Bea Cukai Belawan turut hadir dalam pelepasan ekspor produk perikanan yang diselenggarakan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Medan II dalam rangka Indonesia Satu Ekspor 2022 dan Bulan Mutu Karantina 2022. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 47 UPT di seluruh Indonesia dengan periode ekspor 11-18 Juli 2022 dan dengan perkiraan total ekspor 553 ton dan bernilai 42 miliar rupiah.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa di Sumatera Utara terdapat 9 unit pengolahan ikan dengan 15 negara tujuan ekspor. Sesuai fungsinya sebagai industrial assistance Bea Cukai Belawan terus melakukan sinergi dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik antar instansi maupun para pelaku usaha, guna kelancaran proses ekspor khususnya di Pelabuhan Belawan.

“Berbagai inovasi kemudahan dan otomasi layanan kepabeanan diimplementasikan sehingga para pengguna jasa merasakan kemudahan proses ekspor. Kami menyediakan berbagai fasilitas seperti layanan klinik ekspor, joint inspection bea cukai dan karantina, call center, dan layanan ekspor 24/7 untuk mengakomodir penerimaan dokumen terkait ekspor,” ujar Hatta.

Sementara itu, Bea Cukai Banda Aceh berhasil melepas ekspor produk hasil laut berupa Frozen Tuna dari iilayah Aceh milik perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yaitu PT Yakin Pasifik Tuna (16/07/2022). Diberangkatkan dari Pelabuhan Muat Ekspor Belawan ke Miami, Amerika Serikat, PT Yakin Pasifik Tuna mengirimkan sebanyak 3074 buah produknya dalam kemasan karton dengan berat total 19.355 kilogram.

Hatta menambahkan bahwa ekspor ini adalah kedua kalinya PT Yakin Pasifik Tuna mengirimkan produknya ke Amerika Serikat setelah barang contoh yang mereka ajukan sebelumnya kepada buyer diterima. Dengan adanya ekspor ini, PT Yakin Pasifik Tuna berhasil memperluas pasar produk setelah sebelumnya hanya rutin mengirimkan ke Jepang.

“Hal ini menunjukkan produk hasil laut asal Aceh layak untuk bersaing di pasar global. Diharapkan ke depan semakin banyak perusahaan yang melihat potensi tersebut, sehingga pemulihan ekonomi nasional melalui ekspor dapat tercapai,” pungkas Hatta. (*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved