Breaking News:

8 BUMN Rayakan HUT Bersama Dengan Carica Day

Acara yang mengusung tema Bersahabat dengan Alam, BUMN Hadir untuk Negeri ini diisi dengan beragam aktivitas

Penulis: Hendra Gunawan

TRIBUNNEWSA.COM, JAKARTA -- Sebanyak 8 badan usaha milik negara (BUMN) yang berulang tahun pada bulan Juli 2016 memperingati hari kelahirannya bersama Menteri BUMN RI Rini M Soemarno di Wonosobo, Jawa Tengah.

Acara yang mengusung tema Bersahabat dengan Alam, BUMN Hadir untuk Negeri ini diisi dengan beragam aktivitas yang sarat dengan kedekatan pada alam.

Aktivitas utamanya adalah memberi dukungan riil terhadap pengembangan agroindustri khas Wonosobo, yaitu industri makanan dan minuman Carica dengan menggelar Carica Day dimana memecahkan rekor MURI makan Carica bersama 5555 peserta.

Pada kesempatan yang sama, 8 BUMN yang berulang tahun bersinergi dengan Perhutani sebagai pengelola kawasan Sikunir membenahi sarana penunjang wisata di objek wisata alam Bukit Sikunir.

Rangkaian acara perayaan hari ulang tahun 8 BUMN tersebut digelar pada Sabtu (30/7/2016).

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, serta 8 Dirut BUMN yang berulang tahun diantaranya Direktur Utama BNI Achmad Baiquni; Direktur Utama Jamkrindo Diding S Anwar; Direktur Utama PT Biro Klarifikasi Indonesia (BKI) Rudiyanto; Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Perumnas Himawan Arif Sugito; Direktur Utama Indofarma Arief Budiman; Direktur Utama Antam Tedy Badrujaman; Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto; serta Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono. Hadir juga direksi dari 110 BUMN lainnya,yang mengikuti rangkaian aktivitas tersebut.

Puncak acara perayaan HUT 8 BUMN tersebut diramaikan dengan acara Deklarasi CARICA Day, yaitu pencatatan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk makan Carica oleh 5.555 peserta termasuk Menteri BUMN dan seluruh dirut BUMN pada waktu bersamaan.

Pada saat yang sama, MURI juga menyerahkan piagam rekor untuk Penjualan Sembako Murah oleh gabungan BUMN termasuk BNI kepada lebih dari 15.000 penerima di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, BNI turut mendukung peningkatan kapasitas usaha para pengrajin minuman dan makanan berbahan Carica yang merupakan produk khas Wonosobo.

Salah satu dukungan yang diberikan BNI pada kesempatan tersebut adalah menyerahkan 2 unit motor roda tiga untuk pengangkutan hasil perkebunan Carica pasca panen kepada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) serta menyediakan 20 unit mesin Cup Sealer bagi MPIG Carica Dieng. BNI juga menyediakan 300 keranjang buah Carica.

Untuk membantu keberlanjutan produksi buah Carica, ke-8 BUMN yang ulang tahun menyumbangkan 200 bibit pohon Carica. Bibit pohon tersebut diserahkan kepada para petani untuk ditanam dan dipelihara, sehingga pasokan buah Carica dimasa mendatang lebih terjamin.

Rini mengungkapkan, kehadiran BUMN-BUMN di Wonosobo dimaksudkan untuk mencari peluang-peluang dukungan dari BUMN melalui Program BUMN Hadir Untuk Negeri kepada Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat Wonosobo. Sinergi BUMN tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran pemerintah daerah.

"Semoga tahun depan, apabila kami datang lagi ke Wonosobo, masyarakat sudah lebih makmur dan lebih sejahtera," ujar Rini.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved