Breaking News:

Pemerintah Siapkan Dana Rp 1 Triliun untuk Bantuan Luar Negeri

‎"Sekarang Indonesia sudah banyak memberikan bantuan luar negeri‎ dan kita mencadangkan di dalam pembiayaan investasi itu Rp 1 triliun tahun depan"

Nurmulia Rekso Purnomo/Tribunnews.com
Bantuan untuk etnis Rohingya, yang disimpan di gudang Laud Halimperdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1 triliun untuk bantuan luar negeri pada tahun depan.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara ‎mengatakan, bantuan internasional disesuaikan dengan kondisi politik luar negeri dan akan terkonsolidasi dari masing-masing kementerian atau lembaga.

‎"Sekarang Indonesia sudah banyak memberikan bantuan luar negeri‎ dan kita mencadangkan di dalam pembiayaan investasi itu Rp 1 triliun untuk tahun depan," ujar Suahasil di Jakarta, Senin (25/9/2017).

‎Menurutnya, bantuan dari Pemerintah Indonesia ke luar negeri selain berbentuk uang, ada juga yang bersifat teknis, pengetahuan dan lain-lainnya.

"Ada juga bantuan yang sifatnya terprogram, ke World Bank, ADB. Nah kita negara donor, kita salurkan ke lembaga itu supaya disalurkan ke masing-masing negara," ujar Suahasil.

Baca: Citilink Indonesia Raih Transaksi Penjualan Rp 3,99 Miliar di GATF 2017

Baca: Tahun Depan, Pemerintah Akan Terbitkan Surat Utang Baru Rp 414,7 Triliun

‎Lebih lanjut dia mengatakan, bantuan-bantuan luar negeri ini nantinya dijadikan dalam satu wadah agar dapat digunakan pemerintah untuk alat politik internasional.

"Kita jadikan satu rumah, rumah ini kemudian kita jaga betul sehingga dia bisa kita pakai untuk alat politik internasional," kata dia.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved