Breaking News:

19 Maret Kaltara Ekspor Perdana Rumput Laut ke Hong Kong

Nunukan menjadi daerah penghasil rumput laut terbesar yang produksi per tahunnya rerata 256.200 ton.

Tribun Kaltim/Muhammad Arfan
Aktivitas di kawasan Pelabuhan Malundung, Kota Tarakan, Kalimantan Utara diabadikan beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Tanggal 19 Maret nanti, Kalimantan Utara akan mengekspor perdana rumput laut ke Hongkong. Belum diketahui pasti berapa ton rumput laut Kalimantan Utara yang akan disuplai ke negara itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Utara Amir Bakri menjelajaskan, kapal kontainer pengekspor rumput laut itu akan berlayar dari pelabuhan Malundung Tarakan menuju pelabuhan Kariangau Balikpapan, kemudian ke Hongkong.

Amir mengaku, rentang jalur ekspor ini akan lebih cepat ketimbang jalur-jalur sebelumnya. Biasanya rumput laut asal Kalimantan Utara dikapalkan menuju Makassar dan Surabaya lalu diekspor.

Amir Bakry, Kadis Kelautan dan Perikanan Kalimantan Utara.
Amir Bakry, Kadis Kelautan dan Perikanan Kalimantan Utara. (Muhammad Arfan)

"Kalau lewat Balikpapan, tentu lebih cepat. Ini juga akan membuat gembira petani rumput laut. Karena rumput lautnya bisa dibeli mahal oleh pengusaha," kata Amir saat disua Tribun, Rabu (21/2/2018).

Amir menjelaskan, rencana ekspor perdana tersebut sudah dikoordinasikan Pelindo VI Balikpapan.

"Mereka memohon supaya pada saat ekspor perdana di di pelabuhan Tarakan, Pak Gubernur diharap hadir. Pihak Pelindo IV Balikpapan tadi menelpon saya," kata Amir.

Belum ia ketahui pasti berapa jumlah frekuensi aktifitas ekspor per bulannya dari pelabuhan Malundung. Namun ia berharap petani dan pengumpul menyambut baik peluang ini. Itu artinya, kerja keras petani dihargai oleh konsumen baik di dalam maupun luar negeri.

Setiap tahun Kalimantan Utara mampu memproduksi rumput laut sebanyak 311.037 ton. Nunukan menjadi daerah penghasil rumput laut terbesar yang produksi per tahunnya rerata 256.200 ton.

Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan juga menjadi daerah penghasil rumput laut. Bulungan sekitar 1.400an ton per tahun. Tarakan sedikit lebih banyak sekitar 53.615 ton.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved