Breaking News:

Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia

Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Tidak Akan Pinjam Dana dari IMF

Lantas apakah momentum ini akan dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan pinjaman?

Syahrizal Sidik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Hingga tanggal 14 Oktober 2018 mendatang berlangsung pertemuan tahunan bank dunia (IMF-WB) yang tidak hanya didatangi para gubernur bank sentral, tapi juga para menteri keuangan, hingga para pelaku ekonomi dari 189 negara.

Lantas apakah momentum ini akan dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan pinjaman?

Dengan tegas, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah tidak akan melakukan pinjaman kepada pihak International Monetary Fund (IMF) meskipun saat ini tengah berlangsung pertemuan IMF-World Bank di Bali.

Baca: Menkeu Sri Mulyani Memprediksi Kenaikan Dollar AS Belum Berakhir

Dibalut batik lurik berwarna hitam, Sri Mulyani menjelaskan IMF memberikan pinjaman hanya kepada negara yang sedang mengalami krisis neraca perdagangan saja sedangkan Indonesia diyakini masih memiliki ekonomi yang kuat.

"Tidak (meminjam), karena IMF itu adalah institusi yang hanya melakukan pinjaman bagi negara yang mengalami krisis neraca pembayaran," tegas Sri Mulyani saat ditemui di tengah acara IMF-WB 2018 di Bali, Senin (8/10/2018).

Baca: Nagita Slavina Marah Lipstiknya Dipakai Menggambar, Cara Cerdas Rafathar Minta Maaf Banjir Pujian

Sri Mulyani memperkuat pernyataannya itu dengan penilaian Direktur Pelaksana Bank Dunia, Christine Lagarde kepada perekonomian Indonesia yang dianggap dalam kondisi yang baik.

"Dan dalam hal ini Indonesia sebagaimana yang disampaikan Ibu Lagard bahwa ekonomi kita dalam kondisi yang baik," papar Sri Mulyani.

Baca: Ratna Sarumpaet Mengaku Kelelahan Seusai Diperiksa 8 Jam, Bertemu Anak 30 Menit

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, memang saat ini pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian untuk mengantisipasi gejolak ekonomi seperti pelemahan rupiah terhadap dolar AS namun hal tersebut tidak membuat perekonomian Indonesia krisis.

"Dan kita tahu bahwa terjadi penyesuaian, tapi tidak berarti bahwa kita mengalami kondisi krisis. Sehingga kita tegaskan bahwa kita tidak meminjam IMF," pungkas Sri Mulyani.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved