Porsi TKDN Ponsel Ditambah, Ini Respons Samsung dan Oppo Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana bakal menambah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN)

Porsi TKDN Ponsel Ditambah, Ini Respons Samsung dan Oppo Indonesia
TRIBUNNEWS.COM/FAJAR
Consumer Lunch Samsung Galaxy S9 di Central Park Mall 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana bakal menambah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada tahun depan untuk vendor ponsel.

Saat ini TKDN untuk ponsel masih 20%. Namun demikian vendor ponsel masih mempertanyakan soal rencana itu meski mereka siap untuk meningkatkan TKDN dengan beberapa syarat. 

Sebelumnya Firmansyah Lubis, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo mengatakan impor ponsel setiap tahun mengalami penurunan.

Dia melampirkan data pada tahun 2017, impor ponsel hanya 11,4 juta unit sedangkan produksi dalam negeri sudah mencapai 60,4 juta unit. 

Bila dibandingkan dengan tahun 2013, tercatat impor ponsel mencapai 62 juta unit dengan nilai mencapai US$ 3 miliar sedangkan produksi dalam negeri hanya 105.000 unit saja.

Sementara itu bergulir wacana pemerintah bakal meningkatkan TKDN tahun depan. 

Vice President PT Samsung Electronics Indonesia Lee Kang Hyun tengah menunggu keputusan pemerintah soal TKDN, apakah kandungannya akan dinaikkan atau tidak tahun depan.

"Saat ini kami sedang mencoba beberapa alternatif seperti mencari supplier komponen lokal yang dapat memenuhi standar kami dan itu tidak mudah ditemui karena masih terbatas jumlahnya atau bahkan tidak ada sama sekali di Indonesia," beber Lee, Selasa (6/11). 

Baca: Sinyal Kuat Samsung Rilis Smartphone Layar Lipat dari Logo yang Terpasang di Facebook

Selain itu perseroan juga tengah mempersiapkan aplikasi buatan Samsung Riset Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan TKDN produknya.

"Hal ini juga telah kami sampaikan pemerintah akan keterbatasan industri komponen di Indonesia dan ke depannya ini akan menjadi kendala bagi industri selular," ungkap Lee.

Halaman
123
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved