Breaking News:

Menteri Budi Karya Cek Kesiapan Angkutan Mudik Natal dan Tahun Baru

Budi Karya juga meminta agar Dishub melakukan rampcheck bus pariwisata, sebab bus tersebut menurutnya belum pernah melakukan rampcheck.

TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Menhub Budi Karya Sumadi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan mengecek langsung kesiapan, keamanan angkutan transportasi saat mudik Natal dan Tahun Baru.

Menurut Budi Karya, pemeriksaan kesiapan angkutan tersebut penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Ia mencontohkan, salah satu moda transportasi yang rawan kecelakaan adalah bus. Ia juga meminta bantuan Dinas Perhubungan serta Polri untuk melakukan rampcheck secara ketat.

“Natal dan Tahun baru itu biasa masalahnya adalah kecelakaan terutama bus, saya minta bantuan Dishub, Polri untuk lakukan rampcheck,” kata Budi Karya saat ditemui di Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Ahad (9/12/2018).

Secara khusus, Budi Karya juga meminta agar Dishub melakukan rampcheck bus pariwisata, sebab bus tersebut menurutnya belum pernah melakukan rampcheck.

Karena itu, ia meminta, maysarakat yang menggunakan bus pariwisata harus berani menolak jika armada bus tidak memiliki surat rampcheck-nya.

“Bus wisata gak pernah ramp check dia hanya mangkal di homebasenya tiba tiba disewa. Kita akan rampcheck itu semuanya,” kata dia.

Rampchcek, kata Budi Karya selain untuk memastikan keamanan dan keselamatan setiap angkutan, juga untuk memastikan armada telah melalui pemeriksaan laik jalan.

Baca: Menteri Budi Karya: Pemerintah Gandeng Swasta Kelola 10 Bandara di 2019

“Saya juga minta mereka yang akan menggunakan bus wisata tanya busnya, mana surat rampcheck kalau tidak ada ada jangan mau, nanti ada ban rusak, rem gajelas, itu fungsinya,” jelasnya.

Budi Karya juga menegaskan, law enforcement rampcheck akan dilakukan, jika ada kendaraan bus yang tidak memiliki surat kelaikan untuk jalan, maka armada tersebut akan dihentikan petugas.

Selain itu, ia juga meminta operator sangat hati-hati, karena hal tersebut menyangkut keselamatan penumpang. “Yang paling penting operator juga jangan asal-asalan, karena kita membawa keselamatan manusia,” ujarnya.

Dijadwalkan, pekan depan Menteri Budi Karya akan meninjau langsung beberapa moda transportasi yang akan dipakai saat Mudik Natal dan Tahun Baru.

“Minggu depan bersama Pak Basuki (Menteri PUPR) akan ke Surabaya. Coba itu dari Jakarta - Surabaya naik bus, cek ke Bandara Soekarno Hatta, ke Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen tinjau kereta api, bus akan sidak di beberapa titik,” tukasnya.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved