Breaking News:

Bulan Ini, KA Bandara Beroperasi Sampai Stasiun Manggarai

Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta bandara dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi sampai di Stasiun Manggara

Penulis: Ria anatasia
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga mengantre untuk menaiki Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi pada 26 Desember 2017 dengan tarif promo Rp 30 ribu hingga 1 Januari 2018. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta bandara dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi sampai di Stasiun Manggarai dalam waktu dekat.

Sebelumnya, kereta tersebut hanya melayanj sampai kawasan Dukuh Atas.

“Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sehingga semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa mengganti (transit) di tempat itu sehingga kereta bandara bisa point to point,” kata Menhub usai menghadiri acara Dialog Nasional Indonesia Maju di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Minggu (3/3/2019).

Menhub Budi optimis occupancy atau tingkat keterisian kereta bandara akan meningkat hingga mencapai 60 persen.

“Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, occupancy kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi bisa langsung. Kalau sekarang ini harus effort sampai ke Dukuh Atas terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca: Mulai Maret Kereta Bandara Bisa Diakses dari Stasiun Manggarai, Railink Kejar 1,3 Juta Penumpang

Selain kereta bandara, Menhub menjelaskan terkait rencana beroperasinya kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta pada April mendatang.

“MRT rencananya awal bulan Maret ini akan dioperasikan secara khusus dan baru nanti bulan April dioperasikan secara umum. Insyaallah memberikan suatu layanan yang baik,” ungkap Menhub.

Sebelumnya, kajian Institut Studi Transportasi mencatat, tingkat okupansi penumpang KA Bandara hanya 26 persen dengan pukul rata penumpang per hari di rata-rata 5.000 orang. Angka ini dinilai masih terlalu rendah.

Pemerintah sendiri memiliki rencana besar adanya peralihan ke transportasi umum sebesar 40 persen pada tahun 2019 dan 60 persen pada tahun 2029.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved