Disney Ambil Alih Saham Perusahaan Hiburan Fox Senilai 71 Miliar Dolar AS

Disney membutuhkan acara TV dan film yang menarik untuk bisa menarik pemirsa berlangganan layanan streaming

Disney Ambil Alih Saham Perusahaan Hiburan Fox Senilai 71 Miliar Dolar AS
Investment Guru
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Disney telah menutup transaksi akuisisi bisnis hiburan Fox senilai US$ 71 miliar. Kesepakatan ini juga merupakan akhir dari era Rupert Murdoch, mogul media berusia 88 tahun yang telah mengendalikan Fox Studio selama hampir empat dekade.

Dilansir dari South China Morning Post, kesepakatan ini diprediksi akan merubah lanskap bisnis media. Antara lain bisa membuka jalan bagi Disney untuk meluncurkan layanan streaming, Disney Plus di akhir tahun ini.

Dengan membeli studio yang memayungi The Simpsons dan X-Men, Disney bertujuan untuk bersaing dengan perusahaan teknologi seperti Amazon dan Netflix untuk menarik perhatian perhatian penonton dan menjadi pundi-pundi uang baru.

Disney membutuhkan acara TV dan film yang menarik untuk bisa menarik pemirsa berlangganan layanan streaming lansiran perusahaan tersebut.

Jumlah karakter yang bisa dieksplorasi Disney juga bakal makin banyak. Setelah membeli Fox, Disney dapat menambahkan X-Men hingga Deadpool dalam jajaran filmnya.

Baca: IHSG Menguat Tipis di Perdagangan Sesi Pertama

Tak lupa sejumlah program yang sebelumnya ditampilkan pada saluran Fox seperti FX Networks dan National Geographic juga jadi milik Disney.

Kesepakatan ini juga membantu Disney untuk lebih memiliki kontrol atas acara TV dan film secara terintegrasi mulai dari produksi hingga mendistribusikannya melalui saluran televisi, bioskop, layanan streaming, dan sejumlah platform lain.

Disney akan mendapatkan data berharga tentang pelanggan dan kebiasaan mereka dalam menonton hiburan, yang kemudian dapat digunakan untuk menjual iklan.

Tendi/Sumber: South China Morning Post 
 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Disney resmi akuisisi bisnis hiburan Fox senilai US$ 71 miliar

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved