Pengamat: Pemindahan Penerbangan ke Bandara Kertajati Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jabar

Sebagian masyarakat mengeluhkan akses menuju Bandara Kertajati karena dinilai terlalu jauh.

Pengamat: Pemindahan Penerbangan ke Bandara Kertajati Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jabar
ist
Runway Bandara Kertajati 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebijakan pemerintah memindahkan penerbangan pesawat jet rute domestik dari Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) di Kertajati, Majalengka mengundang pro kontra di masyarakat.

Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gajah Mada (UGM) Agus Taufik Mulyono berpendapat, langkah tersebut akan mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dalam jangka panjang.

"Kita tidak bisa melihat Bandung atau Jawa Barat secara sempit dari satu sisi atau satu kepentingan saja. Bagian lain perlu dikembangkan, masyarakatnya juga perlu tumbuh," kata Agus saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (20/6/2019).

"Potensi pariwisata di kawasan Kertajati itu besar. Itu titik simpul dari Jawa Barat. Kita juga bisa lihat dekat Cirebon yang terkenal wisata religinya, Karawang, kawasan industri dan lainnya itu baik dikembangkan," ujarnya.

Sebagian masyarakat mengeluhkan akses menuju Bandara Kertajati karena dinilai terlalu jauh. Namun, Agus optimistis pemerintah akan mempermudah akses ke wilayah tersebut ke depannya.

"Pasti akan dipermudah akses ke sana, entah itu dibuat jalan tol, kereta bandara, Damri dan lainnya. (Bandara,red) Soekarno-hatta juga jauh dari pusat kota, tapi tidak masalah karena akses menuju situ mudah. Saya percaya pemerintah bakal tanggung jawab dan mengarah ke sana juga," paparnya.

Agus mengajak masyarakat untuk mendukung rencana pemerintah untuk memeratakan perekonomian di Jawa Barat.

"Kita harus budayakan berpikian positif dan optimis, jangan mengepentingkan diri sendiri. Menurut saya pemerintah ini sudah on the track memikirkan pertumbuhan dan kemerataan wilayah dalam jangka panjang," tuturnya.

Operasional Diperpanjang

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved