Proyek Runway di Bandara Soetta Kelar, Kapasitas Jadi 120 Pergerakan per Jam

Akhir bulan Juni pengerjaam runway di bandara tersebut akan selesai 100%. Saat ini pengerjaan runway tersebut telah mencapai 86%.

Proyek Runway di Bandara Soetta Kelar, Kapasitas Jadi 120 Pergerakan per Jam
Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali
Pesawat Citilink rute Bandara Soekarno-Hatta (CGK)-Yogyakarta International Airport (YIA) mendarat dengan sukses dalam proving flight atau penerbangan uji coba take off dan landing di Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Pesawat Citilink yang tidak membawa penumpang tersebut melakukan uji coba bandara sebelum Bandara YIA mulai beroperasi secara komersial pada 6 Mei mendatang. Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Runway baru di Bandara Internasional Soekarno Hatta akan segera rampung.

Presiden Joko Widodo bilang akhir bulan Juni pengerjaan runway di bandara tersebut akan selesai 100%. Saat ini pengerjaan runway tersebut telah mencapai 86%.

"Langsung akan dioperasionalkan secepatnya, mungkin Juli lah sudah dioperasionalkan," ujar Jokowi di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (21/6).

Tambahan runway terswbut akan menambah kapasitas Bandara Soekarno Hatta. Jokowi bilang tanbahan kapasitas bisa mencapai angka 50%.

Sebelumnya kapasitas Bandara Soekarno Hatta sebanyak 81 pergerakan per jam. Adnaya tambahan runway tersebut akan membuat kapasitas menjadi 120 pergerakan per jam.

"Sehingga permintaan maskapai dari negara lain yang sudah antre bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Bandara Soekarno Hatta lagi," terang Jokowi.

Baca: Mudik Asyik di Bandara Soekarno-Hatta, Pemudik Bisa Kendarai Skuter Listrik GrabWheels di Terminal 3

Selain runway, Jokowi juga menegaskan mengenai penambahan terminal di Bandara Soekarno Hatta. Terminal keempat diharapkan dapat segera dikerjakan pada tahun 2021.

Pembangunan tersebut diharapkan dapat selesai selama 3 tahun. Terminal keempat tersebut akan menambahkan kapasitas bandara sebanyak 35 juta penumpang.

"Sehingga total nantinya kita harapkan di sini bisa menampung 110 juta penumpang," jelas Jokowi. Pembangunan infrastruktur bandara tersebut dipastikan Jokowi diperlukan. Bila penambahan kapasitas tidak dilakukan maka Indonesia akan kembali tertinggal.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Runway bandara Soekarno-Hatta akan rampung, kapasitas jadi 120 pergerakan per jam

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved