AirAsia Diundang Rapat, yang Kena Kebijakan Diskon Tarif Hanya Lion Air dan Citilink

Maskapai penerbangan mengalokasikan 30% kursi dari total kapasitas pesawat untuk mendapatkan diskon di hari tertentu.

AirAsia Diundang Rapat, yang Kena Kebijakan Diskon Tarif Hanya Lion Air dan Citilink
Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali
Pesawat Citilink rute Bandara Soekarno-Hatta (CGK)-Yogyakarta International Airport (YIA) menuju lokasi parkir seusai mendarat dengan sukses dalam proving flight atau penerbangan uji coba take off dan landing di Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Pesawat Citilink yang tidak membawa penumpang tersebut melakukan uji coba bandara sebelum Bandara YIA mulai beroperasi secara komersial pada 6 Mei mendatang. Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Citilink Indonesia dan Lion Air Group akan menyediakan sekitar 11.626 kursi yang bisa mendapatkan diskon tarif pada saat tertentu.

Dari jumlah tersebut, Citilink Indonesia menyiapkan 3.348 kursi dari 62 penerbangan dan Lion Air Group menyiapkan 8.278 kursi dari 146 penerbangan per hari yang ditentukan.

Jumlah tersebut ditetapkan sesuai dengan keputusan dalam rapat koordinasi lanjutan terkait penurunan tarif tiket angkutan udara.

Di mana, maskapai penerbangan mengalokasikan 30% kursi dari total kapasitas pesawat untuk mendapatkan diskon di hari tertentu.

Sebelumnya, semua pihak telah sepakat untuk memberikan diskon sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA) untuk penerbangan penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik tipe pesawat jet.

Diskon tarif tersebut bisa didapatkan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk penerbangan pukul 10.00 - 14.00 waktu lokal masing-masing bandara.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, semua pihak pun sudah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan baik dari sisi regulasi dan sistemnya.

Dia menyebut kebijakan ini akan berlaku mulai Kamis 11 Juli 2019.

"Penyesuaian sistem memerlukan waktu kurang lebih 2 - 3 hari. Karena besok sudah Selasa, pemberlakuannya Selasa, Kamis dan Sabtu, maka efektif berlaku mulai Kamis 11 Juli 2019," tutur Susiwijono, Senin (8/7).

Baca: Asyik, Citilink Sudah Turunkan Tarif Penerbangan di Sejumlah Rute

Meski alokasi kursi yang mendapatkan diskon sudah ditetapkan , tetapi Susiwijono mengatakan rute-rute tujuan yang bisa mendapatkan potongan harga ini masih harus dibahas lebih lanjut. "Rutenya kemana saja, nanti akan dipublish sebelum Kamis," tambah Susiwjijono

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved